Mobil Dinas ASN Kota Bekasi Bakal Diganti Mobil Listrik

Ilustrasi. Mobil Listrik bakal jadi Kendaraan dinas ASN Pemkot Bekasi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN- Pemerintah Kota Bekasi berencana bakal menggunakan mobil dinas (Mobdin) listrik, sebagai bagian dari salah satu kota yang ikut menandatangani kesepakatan kerjasama bersama Provinsi Jawa Barat.

Kerjasama itu berkaitan dengan langkah mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.


Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (Asda II) Sekretaris Daerah Kota Bekasi Sudarsono menjelaskan bahwa kota Bekasi merupakan salah satu dari kabupaten kota yang ikut menandatangani kerjasama kesepakatan yang dibuat oleh provinsi Jawa Barat.

“Kebetulan saya masih jadi asisten daerah, belum serah terima jabatan ke tugas yang baru (BPKAD). Jadi saya informasikan yang saya tau tentang penggunaan mobil listrik ini, dari kerjasama yang dibangun bersama dengan Provinsi Jawa Barat. Kota Bekasi ikut menjadi salah satu kota yang akan mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan salah satunya adalah tentang penggunaan mobil listrik tersebut,” ujarnya kepada Radar Bekasi Minggu, (30/10).


Dijelaskannya, dari deklarasi yang sudah dilakukan ada beberapa poin yang disampaikan.

Pertama mendukung pemanfaatan dan pengembangan potensi energi baru dan terbarukan secara optimal, kedua mendorong keterlibatan masyarakat dalam pemanfaatan dan pengembangan energi baru dan terbarukan, dan yang terakhir mendukung program pembangunan rendah karbon dalam rangka penurunan emisi gas rumah kaca.

“Beberapa poin disampaikan dalam deklarasi dan kerjasama tersebut, penandatanganan dilakukan pada tanggal 5 Oktober 2022,” jelasnya.

Lanjut Sudarsono, dari kerjasama yang dibangun, nantinya kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat memang akan ada peralihan untuk pengadaan kendaraan listrik.

“Ini kan baru deklarasi dan kerjasama nya saja ya, belum ada juknisnya juga kami juga belum tau sudah dianggarkan untuk tahun 2023 atau belum. Jadi informasinya baru sebatas itu saja,” terangnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa Kota Bekasi sendiri mendukung pemerintah untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

“Mobil listrik ini kan jadi salah satu cara untuk menghemat penggunaan BBM, yang kita tau BBM saat ini kan sudah naik cukup tinggi. Salah satu untuk mengurangi polusi udara juga ya,” tukasnya. (dew)