Dian Sastro Mendadak Jadi Dewi Api di “Sri Asih”

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Seminggu menjelang penayangan, Jagat Sinema Bumilangit mengumumkan pemain baru dalam film Sri Asih. Dian Sastrowardoyo didapuk menjadi villain, yakni Dewi Api. Informasi tersebut diungkapkan sang aktris dan Joko Anwar selaku produser di laman media sosial mereka masing-masing.

Posting-an keduanya menampakkan sosok Dewi Api berambut panjang dan dipenuhi api di sekujur tubuhnya sebagai sumber kekuatannya. Dihubungi tadi malam (9/11), Joko mengungkapkan bahwa pemilihan Dian sebagai Dewi Api sudah ditentukan sejak empat tahun lalu.


Tim produksi sudah memilih Dian sedari awal menggarap Jagat Sinema Bumilangit. Tidak ada nama lain yang jadi bahan pertimbangan untuk menjadi Dewi Api. ’’Ya, memang hanya Dian satu-satunya kandidat,” kata Joko.

Bagi Joko, kemampuan akting Dian tak perlu diragukan lagi. Walaupun selama puluhan tahun berkarier, bintang film Ada Apa dengan Cinta (?) itu dikenal sebagai sosok protagonis yang kerap berkutat di genre drama.


’’Dewi Api itu salah satu karakter terbesar di Jagat Sinema Bumilangit. Tentu harus diperankan mereka yang punya talenta akting luar biasa. Jadi, skala karakternya sama besar dengan pemainnya,’’ jelas dia.

Sayang, Joko belum bisa membocorkan banyak informasi mengenai karakter Dewi Api. Termasuk mengenai porsi peran Dewi Api di film Sri Asih yang memasang Pevita Pearce sebagai pemeran utama itu. Juga, adegan action yang ditunjukkan Dian di film tersebut. Yang pasti, ungkap dia, semua pemain yang terlibat menjalani training sesuai dengan kebutuhan karakter di setiap filmnya.

’’Semua bergantung kebutuhannya. Nah, apakah di film Sri Asih porsi Dewi Api besar atau kecil? Saya belum bisa mengumumkannya,’’ ucap Joko.

Terlepas dari itu, Joko bersyukur Dian mau terlibat dalam proyeknya. Dia juga menyatakan jika kisah pribadi Dewi Api akan dibuat spin-off ke depannya seperti Gundala, Sri Asih, dan Tira. Namun, Joko ogah mengungkapkan bakal diangkat dalam bentuk film atau series.

’’Setiap karakter yang udah diumumkan akan mendapat porsi sama besar. Kami udah menentukan (spin-off Dewi Api, Red), tapi belum bisa mengumumkan,’’ tutur Joko.

Sri Asih merupakan film kedua Jagat Sinema Bumilangit yang sebelumnya dibuka patriot pertamanya, Gundala (2019). Sri Asih juga dibintangi Jefri Nichol, Christine Hakim, Reza Rahadian, Dimas Anggara, Surya Saputra, Randy Pangalila, Jenny Zhang, Revaldo, Faradina Mufti, Fadly Faisal, dan Messi Gusti. Film karya sutradara Upi Novianto itu sebetulnya direncanakan tayang pada awal 6 Oktober. Namun, diundur menjadi 17 November mendatang. (jpc)