Peran Ibu Dibalik Kesuksesan Lana Meraih Medali Emas Cabor Menembak di Porprov Jabar

Lana Nathania Fatima bersama ibunya Diece. ANDI MARDANI/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Prestasi yang diraih Lana Nathania Fatima tidak lepas dari dukungan dan peran sosok seorang ibu. Ya, atlet dari Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Bekasi ini berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga Menembak nomor ISSF 10M AR Women di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 di Lapangan Tembak KONI Jabar Kota Cimahi, Rabu (9/11).

Pada event empat tahunan ini, Lana-sapaan akrabnya- merupakan peraih medali emas perdana cabang olahraga Menembak dari 10 medali pada hari kedua yang dimulai sejak (8/11) dari sejumlah pertandingan yang sudah digelar.


Diantaranya, nomor 10M AR woman individu, 10M AR woman youth individu, 10M Ar woman junior individu, 10M AR woman junior team,25M spot pistol woman individu, 50M pistol Men, 10M AR men team, 10M AR men individu, 10M AR men youth, 10M AR men junior.

“Saya selalu menemani serta memperhatikan asupan gizi dan belajarnya. Karena kan masih sekolah,” kata orangtua Lana, Diece (55), di Lapangan Tembak, Kota Cimahi, Rabu (9/11).


Diece mengaku, sangat bersyukur putrinya mampu meraih medali emas seperti yang diharapkan. Wanita asal daerah Banten ini, berharap putrinya tetap terus belajar dan tidak puas hanya di tingkat provinsi melainkan bisa menjadi yang terbaik di tingkat Olimpiade mengharumkan nama Indonesia.

“Perjalanan Lana masih panjang. Jadi masih berpeluang untuk meraih prestasi sejak usia muda. Dan saya terus memberi semangat serta mendidiknya dengan menjaga kedisiplinan dan terus semangat berlatih,” kata wanita yang disapa Mami ini.

Meskipun putrinya berprestasi di bidang olahraga, Mami tidak melupakan perhatian bidang akademisi Lana yang saat ini masih duduk di kelas II SMA.

“Ya saya perhatikan pendidikannya, karena dia masih sekolah. Dan tidak masuk sekolah khusus olahraga,” ujarnya.

Lana merupakan siswa SMA 8 Kota Bandung yang merupakan sekolah favorit di kota kembang tersebut. Kemudian, lanjut wanita berambut putih ini, anaknya masuk melalui penerimaan peserta didik baru jalur akademik atau jalur prestasi. Diece menuturkan, untuk menggapai prestasi baik di dunia pendidikan dan olahraga, ia mengatur waktu Lana dengan sebaik-baiknya.

“Untuk bimbingan belajar, Lana harus melalui online, sedangkan waktu bermainnya diganti dengan lahtihan menembak,” ucapnya.

“Karena saat latihan kan Lana juga banyak teman sebayanya. Jadi sama seperti bermain saja bukan berarti tidak merampas hak di masa anak anaknya untuk bermain,” lanjutnya.

Sebagai mana diketahui, Lana  menduduki posisi pertama dengan nilai 615,2 di dalam pertandingan. Sedangkan, di posisi kedua, ditempati atlet asal Kota Cimahi dengan nilai 614,8 dan peringkat ketiga diraih atlet Kabupaten Purwakarta dengan nilai 611,0.

Perolehan medali emas pada Porprov Jabar tahun ini merupakan buah pengalaman Lana dari empat tahun lalu di ajang yang sama. Pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar 2018 di Kabupaten Bogor, Lana hanya mampu meraih medali perunggu.

“Porda 2018 saya jadikan pengalaman. Saat itu memang masih usia 12 tahun. Nah pengalaman itu saya jadikan penyemangat untuk menjadi yang terbaik,” katanya.

Sekadar diketahui, atlet menembak Kabupaten Bekasi sudah mengoleksi 10 medali selama dua hari bertanding pada Porprov Jabar XIV 2022 di Lapang Tembak KONI Jawa Barat, Kota Cimahi.

Pada pertandingan hari kedua, Rabu (9/11), atlet menembak Kabupaten Bekasi meraih satu medali emas, empat perak dan lima perunggu.

Pada laga hari kedua, medali emas disumbangkan oleh Lana Nathania Fatima di nomor ISSF AR Women Youth. Sedangkan di nomor Air Rifle Women Junior Team, Lana dan Dominique R.K.Sampangai meraih medali perak.

Pada nomor 50 Meter Pistol Men, atlet Kabupaten Bekasi Marthin J Lala. Pada nomor pertandingan yang sama, medali perunggu juga disumbangkan Iwan Setian. Medali perunggu juga dihasilkan oleh Dominique R K Sampangai dari nomor AR Women Junior.

Di hari pertama, medali perak diperoleh dari Ni Puti Sri Rahmawati pada nomor 25 Meter Spot Pistol. Kemudian medali perunggu disumbangkan Vegi Septriani di nomor pertandingan yang sama.

Pada nomor ISSF AR Men, Trisnarmanto meraih satu medali perak dan Edi Susanto meraih medali perunggu untuk Kabupaten Bekasi. Sedangkan di nomor 10 Meter Air Rifle Men, medali perunggu diraih oleh Edi Susanto.

Sedangkan pada saat ini, Kabupaten Bekasi bertengger posisi puncak klasemen sementara Porprov XIV Jabar 2022 dengan perolehan 71 medali terdiri dari 29 medali emas, 20 medali perak dan 22 medali perunggu. Disusul Kabupaten Bogor dan diperingkat ketiga Kota Bandung.(and)