Ratusan Pengurus Muhammadiyah Berangkat ke Solo

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ratusan pengurus Muhammadiyah asal Kabupaten Bekasi, menghadiri Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah, yang akan berlangsung pada tanggal 18-20 November 2022 mendatang.

Ketua Muhammadiyah Kabupaten Bekasi, Suyatman mengatakan, sebenarnya, perwakilan peserta Muktamar dari setiap wilayah, hanya diwakili sebanyak tujuh orang, tapi yang lain mau ikut meramaikannya.


“Sebenarnya yang boleh masuk mengikuti Muktamar itu tujuh orang, tapi semua cabang mengirimkan perwakilan, jadi secara keseluruhan ada 300 orang,” ujar Suyatman, kepada Radar Bekasi, Kamis (17/11).

Ia menjelaskan, peserta Muktamar sebanyak 3.000 perwakilan dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Menurutnya, sekarang ini Muktamar spesial, karena pandemi baru landai.


Sebenarnya kegiatan Muktamar itu sudah mulai sidang-sidang pleno, melalui zoom. Nanti disana (Muktamar), menentukan program-program kerja yang sudah diskusikan, sekaligus pemilihan.

“Besok itu, takwil atau pimpinan wilayah akan menentukan calon yang diajukan oleh wilayah dan pusat, kemudian di filter lagi menjadi 39,” tuturnya.

Dijelaskan Suyatman, dalam pemilihan ketua, pengurus masing-masing wilayah mengajukan 13 pimpinan (formatur), dan yang akan menentukan siapa ketua dan sekretaris, maupun susunan pimpinan, itu kewenangan Pengurus Pusat Muhammadiyah.

“Kami hanya memilih formatur yang 13 orang itu. Kabupaten Bekasi mengusulkan Mamun Murod Albarbasi, dia wakil ketua (rektor UNJ) dan kami ajukan untuk masuk ke 13 besar,” terangnya.

Sebelumnya, ribuan umat Islam Muhammadiyah Kabupaten Bekasi mengadakan karnaval dan jalan sehat dalam rangka menyambut semarak muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, yang akan berlangsung di Surakarta, Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 18-20 November 2022 mendatang. (pra)