Mahasiswa di Kota Bekasi Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

GALANG DONASI: Sejumlah mahasiswa Universitas Mitra Karya saat menggalang donasi untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur yang berlangsung di jalan protokol lampu merah Tol Bekasi Timur, kemarin. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI  Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi wilayah Kota Bekasi menggalang donasi untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur. Galang donasi dilakukan sejak Selasa (22/11) hingga beberapa hari kedepan. Para mahasiswa turun ke jalan protokol mengumpulkan sumbangan dalam bentuk uang dari warga yang melintas. Uang hasil donasi akan disalurkan langsung ke lokasi bencana.

Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mitra Karya Rama Fiqri Rahman Amin mengungkapkan, penggalangan dana dilakukan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa.


“Kami mahasiswa turun ke jalan untuk menggalang dana atas kepedulian terhadap saudara-saudara kami di Cianjur Jawa Barat,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (22/11).

Penggalangan dana oleh BEM Universitas Mitra Karya dilakukan di jalan protokol lampu merah Tol Bekasi Timur. Aksi dilakukan mulai pukul 14.00 sampai 17.00 WIB. Dengan membawa poster bertuliskan #PrayForCianjur dan bendera organisasi serta pengeras suara, mahasiswa berkeliling meminta sumbangan dari para pengendara motor maupun mobil.


BACA JUGA: Mahasiswa Minta DPRD Desak Kepolisian Tangkap Pelaku Pelecehan

“Kami start hari ini (kemarin,Red) sampai dengan 1 minggu kedepan. Setelah penggalangan dana ini selesai, kami akan menyalurkan langsung ke titik lokasi bencana,” ucapnya.

Rencananya, hasil donasi akan disalurkan dalam bentuk makanan siap saji serta obat-obatan yang diperlukan para korban bencana alam tersebut. Rama berujar, BEM Universitas Mitra Karya juga telah membuka posko bantuan di lokasi bencana.

“Sebagian mahasiswa ada yang menggalang dana, ada juga yang membuka posko. Jadi bisa jalan terus bantuannya,” jelasnya.

Penggalangan donasi untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur dengan turun ke jalan juga dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STIE Mulia Pratama.

“Mahasiswa kami pada hari ini juga ikut turun kejalan untuk melakukan aksi penggalangan dana bagi masyarakat di Cianjur Jawa barat,” ungkap Ketua PMII Komisariat STIE Mulia Pratama Asep Riandi.

BACA JUGA: Ribuan Mahasiswa di Kota Bekasi Ajukan Beasiswa

Selain di ruas jalan protokol lampu merah Tol Bekasi Timur, penggalangan dana oleh mahasiswa PMII Komisariat STIE Mulia Pratama dilakukan di jalan persimpangan Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi. Aksi yang dilakukan mulai pukul 13.00 sampai 17.00 WIB akan berlangsung beberapa hari.

“Kami akan melakukan aksi penggalangan dana sampai dengan empat  hari kedepan di titik lokasi dan waktu yang sama dengan hari ini (kemarin,Red)” ucapnya.

Selain turun ke jalan, PMII Komisariat STIE Mulia Pratama juga membuka donasi melalui transfer rekening. Uang hasil donasi akan diberikan kepada korban gempa berupa sembako dan mainan anak-anak.

Penyalurannya akan dilakukan secara langsung di lokasi bencana.  PMII Komisariat STIE Mulia Pratama juga membuka Posko Ceria untuk menghibur anak-anak yang terdampak gempa.

“Dengan posko tersebut, kami berupaya membuat mereka tertawa, senang, dan  gembira. Setidaknya dengan adanya Posko Ceria itu dapat mengurangi luka trauma anak-anak penerus bangsa,” pungkasnya. (dew)