Pengin Fokus Bidang Digital Marketing

MAHASISWA AKTIF: Mahasiswa UNISMA Bekasi Adeana Ayusta. Clarisa Rahma Liani/Magang Radar Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI Adeana Ayusta merupakan mahasiswa Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi. Disela kegiatannya sebagai mahasiswa, perempuan berusia 21 tahun tersebut juga aktif bekerja. Dea-sapaan akrabnya- tercatat sebagai mahasiswa semester tujuh Fakultas Ilmu Komunikasi UNISMA Bekasi. Ia mengaku ingin aktif dalam beberapa kegiatan sebelum lulus kuliah.

“Sebelum lulus pengin aktif sih di dalam beberapa kegiatan, soalnya dari semester satu (aku,Red) memang aktif ikut kegiatan UKM aja awalnya,” ungkap mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UNISMA Bekasi ini kepada Radar Bekasi, kemarin.


Saat ini, Dea menjadi pekerja penuh waktu jarak jauh di Temata Agency. Di perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia jasa promosi daring tersebut, Dea  menjadi penulis konten dan perencana konten.

Sebelum berkarir di Temata Agency, Dea juga pernah bekerja sebagai pekerja lepas maupun magang di beberapa perusahaan, salah satunya di perusahaan penyelenggara acara dalam bidang teknologi Yorindo Communication.


“Awalnya 2020 itu aku jadi content manager, sebenarnya disitu (Yorindo Communication,Red) aku cuma part time aja. Tapi malah ketagihan sih karena aku emang senang sama dunia digital,” ungkap perempuan kelahiran Nganjuk tersebut.

BACA JUGA: Komunitas Belajar Dibutuhkan untuk Selesaikan Masalah Pembelajaran

Selain Temata Agency dan Yorindo Communication, Dea juga pernah aktif magang di Brand Livou yaitu brand pakaian muslim sebagai pembuat konten kreatif dan memegang group komunitas di Facebook.

Dea juga pernah menjadi pekerja lepas pengembangan kemitraan kreator di perusahaan affiliate Tiktok ByteDance. Tugasnya saat di ByteDance adalah pemeliharaan hubungan dengan beberapa konten kreator untuk platform sosial media dan melakukan pengenalan produk ke konten kreator untuk gabung ke Helo Apps. Menurut Ade, kemampuan untuk bekerja setelah lulus itu diperlukan mengingat ketatnya persaingan yang ada saat ini.

BACA JUGA: Sekolah Dorong Guru Produktif Ikut Program Magang

Tak hanya itu, Dea juga pernah magang menjadi media sosial spesialis di Kompas Gramedia selama tiga bulan. Tugasnya adalah menganalisis kinerja di Kompas.com dan Grid Networks, mencatat laporan dari semua keterikatan dan berkoordinasi dengan tim analis kampanye.

Dea begitu minat dengan dunia digital marketing. Oleh karena itu, saat ini fokusnya selain lulus dan mendapatkan gelar sarjana, dirinya ingin mendalami dunia digital marketing.

Menurutnya, saat ini sosial media dan dunia digital bisa dimanfaatkan dengan baik. Bahkan banyak hal positif yang bisa didapat dari dunia digital. “Aku pengin fokus dalam bidang digital marketing, soalnya kan digital marketing itu luas banget ya. Ada SEO, copywriting dan lain-lainnya, jadi banyak yang harus dipelajari,” tutur perempuan yang aktif di organisasi Karang Taruna ini.

Melalui digital marketing, Dea ingin mengedukasi banyak masyarakat khususnya yang berada di desa bahwa saat ini dunia digital seperti media sosial bisa dimanfaatkan untuk membangun daerah. (mg6)