Berperan Wujudkan Generasi Emas 2045

Sya’ban Sakti Jumantoro

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sya’ban Sakti Jumantoro merupakan Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi. Lewat organisasi ini, Sya’ban- berharap bisa berperan mewujudkan Generasi Emas 2045 yang merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju, berdaulat, adil, dan makmur.

Forum Anak sebagai organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah memberikan banyak pengetahuan Sya’ban Sakti Jumantoro tentang kebutuhan anak secara luas.


“Jadi yang kita tahu kan hak mengenai anak dan remaja itu hanya pendidikan, kesehatan, dan perlindungan kekerasan seksual aja. Tapi setelah aku masuk Forum Anak ternyata lebih luas dari itu yang dibutuhkan sama seorang anak,” ungkap siswa SMAN 1 Setu tersebut.

“Ada yang harus diperhatikan lagi seperti Infrastruktur kayak taman bermain, sekolah, fasilitas olahraga yang layak anak, perkawinan anak yang saat ini masih banyak terjadi dan ini merupakan sebuah isu, terus pelecehan seksual terhadap anak dan masih banyak lagi,” imbuhnya.


Forum Anak memiliki peran sebagai pelopor dan pelapor (2P) dan pembangunan masa depan anak dan remaja di Kabupaten Bekasi. Sya’ban berujar, berupaya menjalankan perannya secara maksimal dengan sejumlah cara.

“Biasanya hal tersebut dilakukan paling sering melalui seminar, roadshow ke 12 dinas Kabupaten Bekasi, terus kita juga berhasil merancang dan mencetak buku tentang pentingnya peran dan partisipasi remaja dan anak dalam pembangunan, memberikan saran dan membacakan usulan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) daerah Kabupaten Bekasi, study tour, deklarasi dan masih banyak lagi,” tutur Ketua OSIS SMAN 1 Setu tersebut.

BACA JUGA: Forum Anak Cegah Penyebaran Covid-19

Melalui Forum Anak, remaja berusia 18 tahun ini berharap bisa berperan mewujudkan Generasi Emas 2045. Ia menyadari bahwa untuk mencapai tersebut diperlukan edukasi yang menyeluruh dan pemerataan pendidikan untuk setiap anak dari berbagai komponen masyarakat.

“Semoga Generasi Emas 2045 terwujud dan Indonesia bisa jadi negara layak anak. Nggak lupa pastinya semoga untuk anak dan remaja seusiaku bisa jadi individu yang juga memikirkan masa depannya di lingkungan sekitar dan mendapatkan kebebasan serta support yang masif dari lingkungan sekitarnya untuk mengeksplor hal-hal positif yang mereka minati,” pungkas pelajar kelahiran Jakarta ini. (mg6)