Plt Wali Kota Benarkan Copot Dirut dan Tunjuk Plt Dirut Tirta Patriot, Ini Alasannya

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono membenarkan telah mencopot Dirut Perumda Tirta Patriot Solihat dan menunjuk Ali Imam Faryadi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Perumda Tirta Patriot. 

Plt Wali Kota Bekasi juga membenarkan beredarnya sudah penunjukkan Plt Dirut Tirta Patriot yang viral di media sosial pada akhir pekan kemarin. Surat tertanggal 1 Desember 2022 itu merupakan SK Wali Kota Nomor 539/KEP.500-Ek/XII/2022 tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Patriot.


Tri Adhianto mengungkapkan, alasan pencopotan Solihat dari kursinya sebagai Dirut Perumda Tirta Patriot bagian dari evaluasi yang disampaikan Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Tirta Patriot.

“Ada beberapa kriteria yang kemudian akhir ada capain-capain yang menjadi target harapan itu tidak bisa dipenuhi. Tentunya kita lakukan evaluasi,” kata Tri, usai apel pagi di Lapangan Pemerintah Kota Bekasi Jalan A Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (5/12/2022).


BACA JUGA: Beredar, Surat Penunjukan Plt Dirut PDAM Tirta Patriot, Ebot Dipecat?

Salah satunya evaluasi itu, lanjut dia, adalah penyegaran Dirut di Perumda Tirta Patriot. Hal itu sebagai sesuatu yang biasa saja seperti rotasi, mutasi dalam sebuah organisasi. Bahwa ada satu kepentingan yang harus menjadi target. Bila tidak tercapai akan dilakukan evaluasi.

“Makanya pencopotan jabatan Dirut Perumda Tirta Patriot adalah hasil evaluasi. Dan ada beberapa kriteria yang terpenuhi kemudian diberikan rekomendasi. Rekomendasi itulah yang saya jalankan terkait apa yang menjadi masukan dari para Dewas,” ucapnya.

Terkait evalauasi pengembangan usaha yang menjadi bahan dalam rapat pada Rabu 30 November 2022, dan berujung pencopotan kursi Direktur Utama Perumda Tirta Patriot, Tri meminta penjelasan lebih lanjut ke Bagian Perekonomian.

“Lebih detailnya itu ada di Biro Perekonomian ya. Intinya kita menonaktifkan Dirut Perumda Tirta Patriot berkaitan dengan kinerja,” tukasnya.

BACA JUGA: Ini Respons Solihat Soal Pencopotannya dari Dirut Tirta Patriot

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda), Zeno Bahtiar mengungkapkan, hasil  evaluasi teknis yang disampaikan ke Plt Wali Kota.

“Ada beberapa poin yang menjadikan Dirut Perumda Tirta Patriot alih tugas. Salah satunya target yang tidak tercapai dan lainnya,” ucapnya.

Untuk surat alih tugas, imbuh Zeno, pihak sedang mempersiapkan dan diproses hari ini. “Pasti akan kita berikan suratnya yang sifatnya official,” tukasnya. (pay)