Fasilitasi 26 Perusahaan Serap Ribuan Pencaker

Illustrasi : Sejumlah pencari kerja mengantre mengikuti pameran bursa kerja di Cevest BBVP, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (7/9). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bekasi, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), mengadakan program pameran bursa kerja virtual Kabupaten Bekasi 2022, pada 6-7 Desember 2022.

Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi mengatakan, dengan moto ‘Makin Berani Kerja’ ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat Kabupaten Bekasi untuk melamar kerja, karena pihaknya memfasilitasi 26 perusahaan yang membuka lowongan, dan para pelamar bisa mengakses secara virtual atau online di Siap Kerja Mu pada web jobfair.kemnaker.go.id.


“Jadi intinya adalah, pertama untuk mempertemukan antara pencari kerja (pencaker) dengan perusahaan yang menerima lowongan kerja (loker). Tapi sekarang kami menggunakan sistem daring untuk mengurangi kontak langsung berkaitan dengan Covid-19, kemudian juga memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan perusahaan,” terang Edi.

Ia menjelaskan, hingga pihaknya mencatat, yang baru ikut berpartisipasi dalam pameran bursa kerja virtual baru 26 perusahaan, dengan harapan kedepannya terus bertambah. Sedangkan untuk lowongan bisa dibuka sendiri secara daring, dan dipastikan juga bisa diakses oleh siapapun.


“Kami tidak bisa membatasi, tapi yang diprioritaskan adalah warga Kabupaten Bekasi. Perusahaan juga lebih mengutamakan orang ber KTP Kabupaten Bekasi,” ucap Edi.

Dirinya juga menyampaikan, acara dibuka tanggal 6 Desember 2022, dengan kebutuhan 1.205 tenaga kerja dari 26 perusahaan. Akan tetapi, hingga saat ini yang sudah terdaftar mencapai 1.442 pencaker.

“Sekarang kami memanfaatkan kemajuan teknologi dalam melakukan berbagai kegiatan, salah satunya pameran bursa kerja secara virtual ini. Pasalnya, jika dilakukan secara offline, waktunya cukup lama, karena yang mendaftar jumlahnya cukup banyak,” tandas Edi. (and)