Berita Bekasi Nomor Satu

MGBK SMK Kota Bekasi Siapkan Program Peningkatan Kompetensi Guru BK

Ketua MGBK SMK Kota Bekasi Heri Purnomo

RADARBEKASI.ID, BEKASI Heri Purnomo merupakan Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Kota Bekasi periode 2022/2025. Jabatan tersebut baru diembannya pada November 2022.

Rasa syukur begitu dirasakan oleh Heri-sapaan akrabnya- saat diamanahkan menjadi Ketua MGBK SMK Kota Bekasi. Ia telah menyiapkan program yang akan dijalankan dalam waktu dekat ini.

“Alhamdulillah saya diamanati sebuah tugas baru. Saya memiliki beberapa program, salah satunya adalah meningkatkan kompetensi guru BK di masing-masing sekolah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (17/12).

Menurut pria berusia 45 tahun ini, guru BK perlu meningkatkan kompetensinya agar perannya di sekolah lebih baik. Dikatakannya, program peningkatan guru BK akan mulai dijalankan pada awal 2023.

Peningkatan kompetensi akan dilakukan melalui pelatihan, seminar atau workshop bekerjasama dengan industri maupun kampus. “Kami tidak bisa bekerja sendiri, makanya kami upayakan menjalin kerjasama baik dengan industri maupun kampus. Ini dilakukan untuk mendukung program MGBK SMK Kota Bekasi,” terangnya.

Program peningkatan kompetensi ditargetkan dapat terlaksana minimal 4 kali dalam kurun waktu satu tahun. Harapannya, program ini dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Keberadaan Guru BK Harus Dirasakan Siswa

“Targetnya peran guru BK dapat dirasakan oleh sekolah. Guru BK bisa memberikan pelayanan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada,” tutur guru BK di SMKN 7 Kota Bekasi ini.

Sebab menurutnya banyak permasalahan yang dihadapi oleh sekolah. Oleh karena itu, dirinya menegaskan bahwa peningkatan kompetensi sangat dibutuhkan oleh guru BK.

“Kompetensi guru BK harus terus diasah dan dikembangkan,” pungkasnya. (dew)

Haus Ilmu 

Heri merupakan guru yang ‘haus ilmu’. Di tengah kesibukannya mengajar, dirinya tetap meluangkan waktu untuk mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan ilmunya.

Heri mengungkapkan, dirinya rutin melakukan pengemgbangan ilmu dengan mengikuti kegiatan. “Saya aktif dalam melakukan pengembangan ilmu melalui beberapa kegiatan seperti seminar, webinar, dan workshop,” ungkapnya.

Heri merupakan sosok guru yang tak puas dengan ilmu yang didapat. Oleh karena itu, dirinya aktif mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan ilmunya.

BACA JUGA: Peran Guru BK Sangat Dibutuhkan

Menurutnya melakukan pengembangan diri dengan beberapa cara yang ia lakukan saat ini, dinilai cukup efektif dan tentunya akan mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru.

“Saya adalah salah satu orang yang bisa dikatakan haus akan ilmu, jadi mungkin kalo orang sudah cukup dengan satu ilmu saya butuh dua ataupun tiga ilmu lagi untuk menghapuskan rasa haus saya,” tuturnya.

Baginya, pengembangan ilmu penting dilakukan sebagai tenaga pengajar dan kepala keluarga. Selagi masih memiliki kesempatan, waktu, dan tenaga, Heri akan terus semangat mengikuti berbagai kegiatan.

“Melakukan pengembangan diri itu wajib hukumnya bagi saya sebagai seorang pendidik dan seorang ayah, karena kita harus memberikan contoh terbaik bagi anak-anak,” terangnya.

Menurutnya, waktu yang ia miliki saat ini tidak akan pernah bisa terulang kembali. Sehingga tentu dirinya akan memaksimalkan waktu dan kesempatan yang dimiliki saat ini.

“Apa yang saya kerjakan dan saya lakukan saat ini tidak akan pernah bisa saya rasakan di masa tua mendatang. Jadi saat ini saya berusaha memaksimalkan waktu dan kesempatan yang ada dengan melakukan berbagai kegiatan positif,” pungkasnya. (dew)

 

BIODATA

Heri Purnomo

Lahir: Boyolali, 26 September 1977

Riwayat Pendidikan:

– SDN 1 Senting Kabupaten Boyolali (1989)

– SMPN 1 Ngemplak (1992)

– STM Muhammadiyah 1 Kartasura (1995)

– S1 Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (2002)

– Akta IV Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta (2007)

– S2 Magister Manajemen STIE Kusuma Negara Jakarta (2011)

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin