Berita Bekasi Nomor Satu

Catat Nih Perubahan 7 Rute KA dari Pasar Senen dan Gambir, Ini Jadwalnya

Penumpang kereta di Stasiun Gambir. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos.

RADARBEKASI.IDBEKASI – Natal dan Tahun (Nataru) sebanyak 7 rute perjalanan kereta api (KA) bakal mengalami perubahan. Rencananya, perubahan itu akan dimulai 22-31 Desember 2022.

“Akan berhenti di Stasiun Jatinegara dan Karawang untuk melayani naik-turun penumpang. Kebijakan tersebut berlaku mulai tanggal 22-31 Desember 2022,” ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 JAkarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Senin (19/12/2022).

Dari 7 KA tersebut, kata Eva, 3 KA berhenti melayani naik-turun penumpang di Stasiun Jatinegara. Sedangkan 4 KA lainnya di berhenti di Stasiun Karawang.

“Hal ini dilakukan untuk mengakomodir dan memudahkan calon penumpang yang akan menggunakan KAJJ di area Daop 1 Jakarta sehingga memiliki stasiun alternatif untuk melakukan proses pemeriksaan tiket dan naik KA serta menghindari kepadatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen,” terangnya.

Ia melanjutkan, 3 KA yang akan berhenti di Jatinegara untuk melayani naik penumpang adalah KA 7004A Argo Muria Tambahan tujuan Semarang Tawang, berangkat dari Gambir pukul 00.35 WIB ; KA 7026B Taksaka Tambahan tujuan Yogyakarta, berangkat dari Gambir pukul 23.45 WIB ; dan KA 252A Majapahit tujuan Malang, berangkat dari Pasar Senen pukul 20.10 WIB.

Sementara itu, untuk 4 KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen yang berhenti di Stasiun Karawang untuk melayani naik turun penumpang adalah KA 7032A Kertajaya Tambahan tujuan Surabaya Pasarturi, berangkat dari Pasar Senen pukul 05.30 WIB; KA 7034A Brantas Tambahan tujuan Blitar, berangkat dari Pasar Senen pukul 12.05 WIB; KA 258C Jaka Tingkir tujuanPurwosari, berangkat dari Pasar Senen pukul 12.50 WIB; dan KA 310A Tawang Jaya tujuan Semarang Poncol, berangkat dari Pasar Senen pukul 21.40 WIB.

“Adapun waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen tidak mengalami perubahan, sehingga penumpang yang memilih naik dari Stasiun Jatinegara atau Karawang dapat menyesuaikan waktu kedatangannya,” ucap Eva.
Selain itu, ada 4 KA kedatangan Stasiun Pasar Senen berhenti di Stasiun Karawang yang hanya melayani turun penumpang, yaitu KA. 7031a Kertajaya Tambahan relasi Pasarturi – Pasar Senen; KA. 7033a Brantas Tambahan relasi Blitar – Pasar Senen; KA 257c Jaka Tingkir relasi Purwosari – Pasar Senen: dan KA 309a Tawang Jaya relasi Semarang Poncol – Pasar Senen.
“Pengaturan pola operasi khusus tersebut hanya berlaku untuk layanan naik dan turun penumpang, namun tidak berlaku untuk pembelian tiket,” ungkapnya.
Eva mengingatkan, saat pengguna ingin membeli tiket pada 7 KA tersebut, maka tetap memilih relasi keberangkatan awal, yakni dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. Namun, saat akan naik sesuai jadwal perjalanan pada 7 KA tersebut, pengguna dapat melakukan proses boarding dan naik dari Stasiun Jatinegara atau Stasiun Karawang.
“Perlu diperhatikan bahwa tidak ada loket penjualan tiket KA Jarak Jauh di Stasiun Jatinegara,” tandasnya. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin