Berita Bekasi Nomor Satu

Perayaan Natal, Polisi Jaga Ketat 144 Gereja

BERI ARAHAN: Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Erick Frendriz, memberi arahan kepada anggota untuk pengamanan gereja saat perayaan Natal 2022, di Kabupaten Bekasi. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Polres Metro Bekasi, mengerahkan 2.500 personel gabungan, yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, perangkat daerah terkait, hingga kelompok masyarakat, untuk menjaga 144 gereja yang menggelar perayaan Natal 2022.

“Saya bersama Pak Pj Bupati dan unsur Forkopimda, melakukan pengecekan ke sejumlah titik gereja, untuk memastikan rangkaian kegiatan Natal berjalan kondusif,” ujar Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, saat melakukan pemantauan, Sabtu malam (24/12).

Pihaknya juga meminta bantuan pengamanan 30 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda Metro Jaya, serta tim penjinak bom yang disebar di titik gereja, dengan skala pengamanan prioritas.

“Skema pengamanan ini, sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Kepolisian, dalam upaya sterilisasi rumah ibadah pada penyelenggaraan rangkaian Natal 2022,” terang Gidion.

Selain itu, Polres Metro Bekasi juga menyiagakan 1.300 personel gabungan, terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar, dan elemen masyarakat, untuk mengamankan wilayah pada libur Natal 2022 hingga Tahun Baru 2023.

Personel gabungan pengamanan ini, diprioritaskan untuk mengantisipasi potensi gangguan terorisme, sebagai tindak lanjut atas kejadian bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, beberapa waktu lalu.

Gereja dan tempat ibadah di Kabupaten Bekasi yang berlokasi di dekat jalan utama, dijaga dengan ketat oleh tim gabungan.

“Adapun kriteria ancaman tertinggi adalah potensi terorisme, maka kami lakukan pengamanan di gereja, dan tempat ibadah yang letaknya di jalan raya dengan akses terbuka,” ucap Gidion.

Tim gabungan dengan kode sandi Operasi Lilin Jaya 2022 ini, bertugas sejak tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023. Potensi peningkatan arus lalu lintas juga menjadi fokus perhatian pihaknya.

Disampaikan Gidion, ada 10 titik posko pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Polres Metro Bekasi, antara lain Ruas Tol Jakarta-Cikampek pada area rehat Kilometer (KM) 19 arah Cikampek, KM 19 arah Jakarta, KM 33 dan area rehat KM 39.

Kemudian di Jalan Pantura, titiknya Pasar Tambun, Pasar Induk Cibitung, Terminal Kalijaya, SGC, Kedungwaringin (perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Karawang), dan Kalimalang, lampu merah Kota Legenda.

“Kami juga siapkan 10 pos pengamanan (pos pam) yang berada di rest area dan jalan pantura,” tandas Gidion. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin