APPBI Belum Terima Aturan Baru

ILUSTRASI: Masyarakat ketika beraktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bekasi di tengah Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Presiden RI Joko Widodo resmi mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dicabutnya PPKM tak lantas melonggarkan aturan di tengah masih terjadinya penularan Covid-19.

Aturan penerapan protokol kesehatan juga masih diterapkan di sejumlah pusat perbelanjaan, termasuk penggunaan masker hingga aplikasi Pedulilindungi.


Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Kota Bekasi, Djaelani menjelaskan bahwa, belum ada instruksi terbaru terkait pencabutan status PPKM.

“Status PPKM yang dicabut memang sudah diumumkan, namun kami belum terima intruksi terbaru terkait pencabutan status PPKM tersebut,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (1/1).


Dia mengatakan bahwa saat ini sejumlah mal di Kota Bekasi masih menggunakan peraturan dan ketentuan yang sama, yaitu penggunaan masker dan juga log-in pedulilindungi.

“Peraturan dan ketentuannya masih menggunakan yang lama, yaitu menggunakan masker dan juga tetap log-in pedulilindungi,” ucapnya.

APPBI Kota Bekasi saat ini masih menunggu keputusan dan instruksi terbaru, yang dikeluarkan oleh pihak Pemerintah Kota Bekasi.

“Kami masih menunggu karena memang intruksi terbaru belum dikeluarkan dan belum kami terima,” terangnya.

Djaelani, mengungkapkan bahwa dengan pencabutan status PPKM ini sejumlah masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih leluasa tanpa ada pembatasan.

“Status pencabutan ini hanya menjelaskan bahwa kegiatan masyarakat tidak lagi dibatasi, namun sejumlah ketentuan sepertinya masih berlaku,” tuturnya.

Lebih lanjut, pelaksanaan pemberlakukan Work From Home (WFH) tak lagi digunakan.

“WFH tidak lagi diberlakukan jadi tidak ada sistem WFH lagi bagi para pekerja, hanya beberapa ketentuan yang memang sudah dilonggarkan sementara beberapa ketentuan lainnya masih tetap diterapkan, ” pungkasnya. (dew).