KKB Papua Bakar Kantor Disdukcapil, 73 Warga Mengungsi ke Mapolres Pegunungan Bintang

Sebanyak 73 warga, Rabu dini hari mengungsi ke Mapolres Pegubin di Oksibil setelah KKB melakukan pembakaran kantor Disdukcapil Pegunungan Bintang. (ANTARA/HO-Polres Pegunungan Bintang)

RADARBEKASI.ID, PAPUA –  Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua membakar kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Oksibil pada Rabu (11/1/2023) dini hari sekitar pukul 01.15 WIT.

Polisi menyebut KKB membakar kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pegunungan Bintang di Oksibil.


“Benar, KKB kembali melakukan pembakaran di Kantor Disdukcapil yang berada di Kabiding Lokasi III Distrik Oksibil,” kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Moh. Dafi Bastomi dihubungi dari Jayapura, Rabu (11/1/2023) dikutip dari jpnn.com.

Sebelumnya pada Senin (9/1/2023), KKB juga membakar gedung SMKN 1 Oksibil serta melakukan penembakan terhadap pesawat sipil.


BACA JUGA: KKB Bikin Onar Lagi, Bakar Sekolah dan Aniaya Guru di Hitadipa

AKBP Dafi menyebut pelaku pembakaran di Oksibil adalah KKB Kodap XXXV Bintang Timur. Saat terjadi pembakaran Kantor Disdukcapil juga terdengar bunyi tembakan senjata api lima kali.

Aparat lantas berupaya mengamankan warga sipil yang berada di sekitar Kantor Disdukcapil ke Mapolres Pegunungan Bintang. “Ada 73 orang yang sempat mengungsi ke Mapolres,” ujar perwira menengah Polri itu.

AKBP Dafi menyebut saat ini warga yang mengungsi ke mapolres sudah kembali ke rumah masing-masing dan api dapat dipadamkan sekitar pukul 03.15 WIT.

“Anggota TNI-Polri saat ini meningkatkan kewaspadaan dan monitoring terkait situasi di wilayah Pegunungan, ” kata Kapolres AKBP Dafi Bustami. (jpnn)