Hadang Resesi Global 2023, Xiaomi Siapkan Strategi Ini

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Resesi global 2023 jadi tantangan bagi produsen teknologi smartphone. Xiaomi mempersiapkan sejumlah strategi menghadang resesi 2023.

Di tengah situasi yang masih belum menentu, Xiaomi menyebut akan menggunakan strategi gabungan smartphone dan perangkat IoT.


Supaya konsumen tak lari, Xiaomi juga menyebut kalau pihaknya akan fokus untuk peningkatan pengalaman pengguna lewat layanan retail, purna jual, serta optimisasi tampilan antar pengguna MIUI agar menjadi brand pilihan bagi masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Samsung Terdampak Krisis Ekonomi Global Tahun 2022, Laba Merosot 70 Persen


Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia menerangkan, tahun 2022 merupakan tahun yang menantang bagi pelaku industri smartphone.

Namun Xiaomi terus beradaptasi dan fokus terhadap kebutuhan konsumen sehingga Xiaomi tetap mempertahankan posisi sebagai Top 3 brand smartphone secara global (berdasarkan data Q3 Canalys, 2022).

“Dengan jajaran lini produk yang lebih menarik pada 2023, kami optimistis untuk dapat menghadirkan jajaran produk inovatif dari smartphone hingga ekosistem yang berbasis AIoT dengan berbagai variasi yang lebih luas,” ungkapnya melalui sesi media di Bandung, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Wentao menjelaskan selama delapan tahun hadir di Indonesia, Xiaomi telah membuat berbagai langkah besar di industri teknologi, lewat terobosan baru dan memantapkan diri sebagai brand teknologi inovatif yang dapat relevan dengan kebutuhan konsumen yang kerap berubah mengikuti perkembangan zaman.

Selain pengembangan inovasi, komitmen Xiaomi juga akan diwujudkan lewat investasi layanan ritel dan purna jual demi menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan pengalaman pengguna terhadap produk Xiaomi.

Hingga akhir 2022, jaringan penjualan dan layanan purna jual Xiaomi Indonesia telah bertumbuh secara signifikan hingga mencapai 150+ service center dan 400+ service point, yang menempatkan Xiaomi sebagai salah satu brand dengan jaringan purna jual terluas di Indonesia.

Lebih lanjut, Wentao juga menjanjikan agar Xiaomi Fans, sebutan bagi konsumen setia Xiaomi Indonesia, dapat lebih terlibat dan mengikuti lebih banyak aktivitas bersama Xiaomi di berbagai kota di Indonesia. Harapannya, komunitas setia Xiaomi Fans bisa mendapat akses front-end eksklusif dari rangkaian produk terbaru Xiaomi lewat kegiatan peluncuran produk, gathering, maupun berbagai aktivitas lainnya.

“Kami konsisten untuk selalu mendengarkan masukkan dari seluruh pihak terkait, setiap saran dan masukan akan sangat berarti bagi kami sehingga dapat membantu untuk memberikan layanan dan inovasi lebih baik agar terus memberikan akses pada seluruh konsumen Indonesia terhadap inovasi Xiaomi,” tutup Wentao. (jpc)