PPPK Teknis Tidak Lolos Administrasi, Tenang, Ada Peluang Ini

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Calon Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) Teknis tidak lolos administrasi, tenang masih ada peluang.

Pelamar sebaiknya mengikuti saran Kemenpan-RB.


Pengumuman seleksi administrasi PPPK teknis akan berakhir pada 15 Januari.

Sejak diumumkan pada 12 Januari, cukup banyak peserta termasuk honorer K2 dan non-K2 tidak lolos administrasi karena persyaratan sertifikat keahlian.


Honorer K2 adalah pegawai non-PNS yang diangkat per 1 Januari 2005 dengan sumber gaji bukan dari APBN/APBD.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Rini Widyantini mengatakan para pelamar yang dinyatakan tidak lolos administrasi PPPK teknis bisa melakukan sanggahan.

Menurut dia, sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi bisa diajukan pada 16-18 Januari 2023 mendatang.

“Pelamar dapat mengajukan sanggahan pada laman https://sscasn.bkn.go.id,” kata Rini Widyantini, Sabtu (14/1/2023), dikutip dari jpnn.

Lebih lanjut, dia mengatakan saat melakukan sanggahan, pelamar tidak diperbolehkan memperbarui maupun memperbaiki dokumen yang telah diunggah.

BACA JUGA: 50 Persen Honorer K2 Daftar PPPK Teknis Tumbang, Ini Masalahnya

Jika terdapat sanggahan, Tim Pengadaan PPPK masing-masing instansi akan melakukan verifikasi ulang terhadap sanggahan pelamar.

Hasil sanggahan akan diumumkan pada 26-28 Januari 2023.

Waktu pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Teknis akan dimulai pada Maret 2023 nanti.

“Detail informasi waktu dan lokasi pelaksanaan seleksi akan diumumkan pada laman resmi masing-masing,” terang Rini Widyantini.

Oleh karena itu, pelamar diminta secara berkala untuk mendapatkan informasi terkini tentang seleksi kompetensi PPPK teknis ini.

“Kelalaian pelamar dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab pelamar tersebut,” tegas Rini Widyantini.

KemenPAN-RB sendiri telah mengumumkan hasil seleksi administrasi pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkup internal.

Sebanyak 131 pelamar dinyatakan lolos dalam tahap seleksi ini.

“Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi kompetensi PPPK teknis KemenPAN-RB tahun anggaran 2022 dengan menggunakan computer assisted test (CAT) dan seleksi kompetensi kambahan,” bunyi surat yang ditandatangani SesmenPAN-RB Rini Widyantini pada Kamis (12/1/2023). (jpnn)