Peluang Kerja Masih Minim, Lulusan SMK Harus Lebih Aktif Cari Informasi  

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMKN 15 Kota Bekasi mengikuti pembekalan prakerin di sekolah. Peluang kerja bagi lulusan SMK tahun ini masih sangat minim karena beberapa perusahaan masih melakukan pemulihan menuju endemi. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Peluang kerja bagi lulusan SMK tahun ini masih sangat minim karena beberapa perusahaan masih melakukan pemulihan menuju endemi. Oleh karena itu, lulusan harus lebih aktif untuk mencari informasi kerja agar tidak menjadi pengangguran.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri SMKN 2 Cikarang Barat Euis Khoirunnisa menyampaikan, kesempatan kerja bagi lulusan SMK tahun ini masih sangat minim.


“Peluang bagi siswa lulusan tahun ini untuk mendapatkan pekerjaan masih sangat minim,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (19/1).

Dengan kondisi itu, menurutnya siswa harus lebih aktif untuk mencari peluang dan informasi pekerjaan yang bisa dapatkan melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) sekolah.


“Kami berusaha melakukan penawaran lulusan ke perusahaan melalui BKK kami, tapi dalam hal ini siswa harus lebih aktif mencari informasi. Jika tidak cepat maka tentu akan tertinggal dan peluang pekerjaan akan semakin jauh,” jelasnya.

Menurutnya, beberapa perusahaan yang sudah melakukan kerjasama dengan sekolah membutuhkan pemulihan akibat pandemi Covid-19 yang cukup memakan waktu lama. Sehingga masih minim melakukan perekrutan karyawan baru.

“Recovery dibutuhkan bagi sebagian perusahaan, sehingga jika dibuka pun peluangnya terbatas tidak terlalu banyak,” terangnya.

BACA JUGA: Sekolah Beri Pendampingan Siswa Jelang Kelulusan

Minimnya peluang pekerjaan bagi lulusan SMK, maka daya saing akan meningkat. Lulusan yang memiliki keahlian yang mumpuni akan lebih memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan pekerjaan.

“Minimnya peluang pekerjaan yang akan terjadi nantinya, tentu membuat tingkat daya saing meningkat. Jadi kemampuan siswa akan diuji nantinya,” ucapnya.

Sementara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 15 Kota Bekasi Dhani Irawan mengungkapkan, saat ini memang dibutuhkan kecepatan untuk mencari peluang serta informasi pekerjaan.

“Kecepatan dalam mencari peluang dan informasi itu sangat dibutuhkan, jangan sampai siswa tertinggal dengan yang lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam hal ini semakin malas lulusan mencari informasi dan peluang, maka akan semakin kecil kemungkinan untuk mendapatkan peluang pekerjaan.

“Rendahnya mencari informasi maka semakin kecil juga peluang mendapatkan pekerjaan,” ucapnya.

Dhani menyampaikan, saat ini tingkat persaingan sesama calon pekerja sangatlah tinggi. Sehingga dibutuhkan kecepatan untuk mencari peluang dan kesempatan.

“Sekarang ini persaingan sesama calon pekerja sangatlah tinggi, bukan hanya bersaing dengan sesama lulusan baru. Tapi lulusan lama juga akan menjadi pesaing yang harus diperhatikan,” tuturnya.

Dikatakannya, lulusan tidak hanya dapat mencari peluang pekerjaan melalui BKK sekolah. Ada beberapa informasi serta peluang lain bagi siswa untuk bisa mencari pekerjaan.

“Peluang bukan hanya dari BKK saja tapi bisa melalui, web online resmi kemnaker atau BLK,” pungkasnya. (dew)