Berita Bekasi Nomor Satu

Heboh! Setelah Kartu Putih, Wasit Keluarkan Kartu Merah Bulat, Ini Maknanya

Wasit Dean Whitestone mengeluarkan kartu merah berbentuk bulat, bukan berbentuk persegi panjang seperti pada umumnya. (Sport Bible)

RADARBEKASI.ID, INGGRIS – Heboh! Setelah kartu putih, kini wasit ada yang mengeluarkan kartu merah berbentuk bulat untuk mengusir pemain dari lapangan hijau.

Beberapa waktu lalu sejarah baru tercipta di sepak bola. Seorang wasit perempuan di Portugal mengeluarkan kartu putih di tengah pertandingan resmi.

Kartu putih merupakan wujud apresiasi atau penghargaan terkait tindakan sportif. Kala itu yang mendapat kartu putih adalah staf medis tim sepak bola putri Benfica dan staf medis tim sepak bola putri Sporting Lisbon.

BACA JUGA: Pertama Dalam Sejarah, Wasit Keluarkan Kartu Putih di Pertandingan Ini

Kini, kembali viral sesuatu yang unik di sepak bola. Dalam pertandingan babak keempat Piala FA 2022-2023 antara Wrexham vs Sheffield United, Minggu (29/1/2023), wasit Dean Whitestone mengeluarkan kartu merah berbentuk bulat, bukan berbentuk persegi panjang seperti pada umumnya.

Tentu saja hal itu membuat fans di stadion bingung. Tak hanya itu, netizen di jagat maya pun dibuat bengong. Banyak yang bertanya-tanya di media sosial kenapa kartu merah yang dikeluarkan wasit berbentuk bulat atau lingkaran.

Laga itu sendiri berakhir dengan skor 3-3. Untuk menentukan siapa yang lolos ke babak kelima, dilakukan replay pada 7 Februari mendatang dan Sheffield United bertindak sebagai tuan rumah.

BACA JUGA: FIFA Tunjuk Anoud Al Asmari Wasit Internasional Perempuan Pertama dari Arab Saudi

Momen viral wasit Dean Whitestone mengeluarkan kartu merah terjadi pada menit 71 saat mengusir pemain Sheffield, Daniel Jebbison. Whitestone mengeluarkan kartu merah berbentuk bundar.

Jebbison dinilai melanggar Ben Tozer dalam insiden yang tidak melibatkan bola. Wasit Dean Whitestone langsung mengacungkan kartu merah. Uniknya kartu merah yang keluar dari saku wasit berbentuk bulat.

Fakta bahwa kartu yang dikeluarkan wasit Dean Whitestone berbentuk lingkaran, bukan persegi panjang lebih membuat fans bertanya-tanya ketimbang kontroversi pengusiran Jebbison.

BACA JUGA: Wout Weghorst, Striker Baru MU Pengganti Cristiano Ronaldo Ternyata Orang Tajir

“Orang-orang bingung tentang kartu merah Jebbison, tetapi yang lebih saya bingung adalah bahwa kartu itu berbentuk lingkaran,” kata seorang fans seperti dilansir Sport Bible.

“Seharusnya itu tak layak kartu merah. Tapi, yang aneh lagi kartu merah itu berbentuk lingkaran,” tambah netizen lain. “Tunggu, jadi kartu merah itu berbentuk lingkaran, tapi kartu kuning masih persegi panjang? Sekarang saya benar-benar penasaran,” cuit fans lainnya.

“Adakah yang memperhatikan kartu merah itu berbentuk lingkaran? Belum pernah melihat itu sebelumnya,” timpal penggemar lain.

BACA JUGA: Tok! Ronaldo Teken Kontrak Al Nassr Saudi, Gajinya Rp 3,3 Triliun Setahun

Bukan yang Pertama

Tak seperti kartu putih yang beberapa waktu lalu viral dan menjadi pertama kali dikeluarkan oleh wasit dalam pertandingan resmi, kartu merah berbentuk lingkaran bukan yang pertama dikeluarkan wasit.

Kartu berbentuk lingkaran ternyata sudah diperkenalkan di kompetisi Inggris di era 2000-an.

Mantan wasit Liga Inggris, Uriah Rennie, dulu beberapa kali menggunakan kartu merah berbentuk lingkaran. Uriah Rennie sendiri aktif sebagai pengadil pada 1997-2008.

BACA JUGA: Fakta Unik, Pele Belajar Nyetir usai Brasil Juara Dunia, Bayarannya Foto Gratis!

Dalam forum obrolan wasit terungkap alasan kartu berbentuk lingkaran. Kartu bulat (lingkaran) dan oval pada awalnya diperkenalkan untuk membantu pemain yang tidak dapat membedakan warna.

Oleh karena itu, untuk membedakan antara kartu kuning dan merah, maka kartu merah dibuat berbentuk lingkaran.

Selain itu, kartu merah berbentuk lingkaran memudahkan wasit untuk mengeluarkan kartu merah (mengusir pemain) dengan cepat karena bentuknya berbeda dengan kartu kuning yang masih persegi panjang.

BACA JUGA: Lionel Messi is GOAT, Maradona dan Pele Lewat!

“Itu juga untuk membantu wasit yang ingin mengeluarkan kartu merah cepat. Bentuknya yang berbeda membuat wasit bisa cepat mengeluarkan kartu dari sakunya,” sebut forum obrolan wasit yang dilansir Sport Bible. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin