Berita Bekasi Nomor Satu

Puncak Harlah 1 Abad NU Dihadiri Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin

Tasyakuran Satu Abad NU yang di selenggarakan di DPP PKB, Jakarta, Minggu (5/2/2023). Tasyakuran ini diisi dengan Khotmil Quran, Istighotsah, reflekso dan testimoni serta pemotongan 100 tumpeng. FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

RADARBEKASI.ID, SIDOARJO – Puncak acara hari lahir (harlah) satu abad Nahdlatul Ulama (NU) akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Acara satu abad NU itu diselenggarakan di Gelora Delta Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (7/2/2023).

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana sudah tiba di Bandar Udara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, pada Senin (6/2/2023) sore, sekitar pukul 18.00 WIB.

BACA JUGA: Harlah 1 Abad NU: Ulama dari 40 Negara Bahas Fikih Peradaban

Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana di Kabupaten Sidoarjo disambut langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin tiba lebih awal pada Minggu (5/2/2023), sekitar pukul 15.30 WIB. Ma’ruf Amin telah menghadiri sejumlah rangkaian peringatan satu Abad NU diantaranya Muktamar Internasional Fikih Peradaban.

Juru Bicara Panitia Puncak Resepsi 1 Abad NU Rahmat Hidayat Pulungan mengatakan, panitia telah menyiapkan beragam kegiatan sepanjang hari. Mulai kegiatan yang bersifat ritual keagamaan, resepsi puncak harlah, karnaval Nusantara, panggung hiburan rakyat, hingga bazar UMKM.

BACA JUGA: Puncak Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo Bakal Hadirkan Maher Zain, Slank hingga Rhoma Irama

Puncak Harlah 1 Abad NU diawali dengan kegiatan ritual keagamaan dengan qiyamul lail yang dimulai sejak Selasa dini hari pukul 00.00 WIB. Kegiatan tersebut akan diisi dengan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Ratib al-Attas, Asmaul Husna, ijazah kubra, hingga salat berjemaah dan selawat bersama Habib Syech.

“Ritual ini akan dipimpin oleh para kiai, habaib, hingga ratusan ulama internasional,” ucap Rahmat dalam keterangannya, Senin (6/2/2023).

Sementara itu, pada pagi harinya sekitar pukul 07.00 WIB akan diisi dengan agenda formal puncak resepsi 1 Abad NU. Kegiatan ini akan diisi dengan istigasah kubro dan berbagai pidato, mulai dari sambutan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, khutbah iftitah dari Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, sambutan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, dan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).
BACA JUGA: Abad Fikih

Nantinya akan ada penampilan marching band dan iringan musik orkestra pimpinan Addie MS, dipadukan dengan koreografi Denny Malik dari 12.000 anggota Banser, serta penampilan Qosimah dan Woro Widowati.

Sementara kegiatan dari siang hingga sore hari, terdapat Karnaval Nusantara dan Nahdlatut Tujjar Fest. Kemudian, pada malam hari, terdapat kegiatan hiburan rakyat yang bakal diisi sejumlah artis dalam dan luar negeri.

Para penghibur yang akan tampil di antaranya, band Slank yang akan berkolaborasi dengan Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

BACA JUGA: Fikih Berubah

Kemudian musisi dangdut Rhoma Irama akan berkolaborasi dengan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf. Lalu, penyanyi asal Swedia yang berdarah Libanon, Maher Zain akan berduet dengan Menteri BUMN yang juga kader Banser, Erick Thohir. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin