Berita Bekasi Nomor Satu

Mesut Hancer Dampingi Putrinya Saat Maut Menjemput Korban Gempa Turki

Mesut Hancer menggenggam jemari anaknya, Irmakleyla Hancer (15), yang tertimbun reruntuhan di Kahramanmaras, Turki, Selasa (7/2/2023), sehari setelah lindu 7,8 SR melanda bagian tenggara negara itu. Irmak meninggal dalam tidurnya saat apartemen keluarga Hancer ambruk. (AFP)

RADARBEKASI.ID, TURKI – Ekspresi Mesut Hancer tampak dingin. Dia berjongkok. Tangan kanannya dimasukkan ke saku jaket bagian kanan. Tangan kirinya menggenggam jemari seseorang yang berada di balik reruntuhan bangunan.

Jemari itu milik putrinya, Irmakleyla Hancer. Gadis 15 tahun tersebut tewas di tempat tidurnya saat gempa dahsyat melanda wilayah Kahramanmaras, Turki. Dia tertimbun reruntuhan apartemennya yang ambruk.

Entah berapa jam Mesut Hancer menggenggam jemari putrinya itu. Dia tak mau melepasnya meski putrinya telah meninggal.

BACA JUGA: Dampak Gempa Turki Mengerikan, Begini Alasan Ilmiahnya

Pemandangan memilukan itu terekam kamera Adem Altan, fotografer kantor berita AFP. Altan tertegun. Dia tak bisa membandingkan foto yang diambilnya di pagi yang dingin pekan ini dengan puluhan ribu foto yang telah dia potret. Sepanjang 41 tahun mengabdi sebagai jurnalis foto, baru kali ini dia dibuat tak bisa berkata-kata.

Mesut Hancer dan Irmakleyla Hancer saat berwisata pada 2015. (DAILY MAIL)

 

’’Ketika saya melihat lebih dekat, saya melihat dia sedang memegang tangan. Jadi, saya mulai mengambil foto,’’ ujar Adem Altan seperti dilansir The Guardian. Belum ada regu penyelamat yang datang saat itu. ’’Ketika mengambil foto, aku sangat sedih. Aku tidak dapat menahan diri untuk tidak menangis. Aku terdiam,’’ kata Adem Altan.

Foto itu diambil dari jarak sekitar 60 meter. Jarak sejauh itu menggambarkan bagaimana sulit dan terjalnya lokasi tersebut. Wajah Irmak tak terlihat. Seluruh tubuhnya tertindih reruntuhan apartemen yang hancur. Hanya tangan Irmak yang terlihat bersih tanpa darah. Foto itu mendapat banyak perhatian dari dunia internasional. ’’Tapi, aku tidak bisa mengatakan aku bahagia. Ini adalah bencana,’’ tuturnya. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin