Berita Bekasi Nomor Satu

Sharing dan Diskusi Jelang Ujian Sekolah

Ketua MGMP Kimia MA Kabupaten Bekasi Evi Renova Farmajanti

RADARBEKASI.ID, BEKASI Sejumlah program atau kegiatan 2023 yang sudah direncanakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Bekasi mulai  dilaksanakan.

Ketua MGMP Kimia MA Kabupaten Bekasi Evi Renova Farmajanti mengungkapkan, kegiatan yang tengah berjalan yaitu sharing dan diskusi terkait penyusunan perangkat penilaian yang berbasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) menjelang ujian madrasah.

“Kini kami sedang melakukan sharing dan diskusi bersama dengan para anggota, dimana kegiatan ini kami lakukan melalui WhatsApp grup karena beberapa kesibukan masing-masing anggota. Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan kami jelang pelaksanaan ujian sekolah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Jumat (10/2).

Sebelumnya, dikatakan Evi-sapaan akrabnya- telah diselenggarakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru mata pelajaran Kimia MA Kabupaten Bekasi. Melalui PKB ini, Evi optimis bisa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.

Menurut Evi, program PKB yang telah terselenggara pada 2021 ini menjadi pemantik mulai bergeliatnya kegiatan MGMP pada madrasah di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Hingga saat ini kegiatan PKB melalui MGMP tetap berlanjut, walaupun lebih banyak melalui media diskusi di WhatsApp grup,” kata guru berusia 52 tahun ini.

Lebih lanjut dikatakan Evi, pada 2022 beberapa program yang telah direncanakan sempat tertunda. Antara lain, program Expo Kimia tingkat Kabupaten Bekasi.

“Tahun ini akan coba kami lanjutkan rencana program tersebut,” ucapnya.

BACA JUGA: Ketua MGMP PJOK SMP Kabupaten Bekasi Minta Guru Tidak Malu Berbagi Ilmu 

Evi berharap, MGMP ini dapat berdampak positif bagi seluruh anggota, khususnya bagi dunia pendidikan. Sehingga informasi dan peningkatan kompetensi serta profesionalisme guru dapat terwujud.

“Saya berharap MGMP ini bisa dirasakan dampaknya, semakin banyak informasi yang bisa diterima oleh peserta MGMP dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme sebagai guru,” ucapnya.

Selain itu, diharapkan MGMP bisa dijadikan sebagai tempat curhat oleh anggotanya. Tak hanya itu, pihaknya berharap bisa berkontribusi bagi pengembangan keprofesian guru secara umum serta meningkatkan prestasi peserta didik.

“Diharapkan semakin meningkatnya prestasi peserta didik, baik tingkat kabupaten bahkan sampai nasional. Sejalan dengan semakin meningkatnya kompetensi dan profesionalisme gurunya,” pungkasnya.

Senang Mencari Hal Baru

Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bekasi ini mengaku hobi mencari hal-hal baru di platform media daring maupun media sosial (medsos).

“Berselancar atau mencari hal baru merupakan hobi saya saat ini,” ungkap Evi.

Hal baru yang sering dicari oleh Evi mengenai inovasi pengetahuan sains maupun memasak.  “Bukan hanya ilmu pengetahuan saja yang saya cari sebagai pengembangan ilmu, tapi beberapa informasi mengenai media cara memasak juga saya kembangkan,” kata perempuan yang juga hobi memasak ini.

Dengan mencari hal baru yang tidak pernah diketahui sebelumnya, menjadi sesuatu hal yang sangat menyenangkan baginya. Dikatakan Evi, menjadi kewajiban bagi dirinya sebagai pendidik untuk terus mengembangkan ilmu.

“Menjadi sebuah kewajiban untuk saya sebagai seorang pendidikan agar terus berkembang dan belajar melalui media serta cara apapun saya lakukan saat ini,” ucapnya. Dirinya berharap bisa terus konsisten dalam mengembangkan pengetahuannya. (dew)

BIODATA

Evi Renova Farmajanti

Lahir: Cirebon, 30 April 1971

Pendidikan:

– SDN Kartini 5 Kota Cirebon (1983)

– SMPN 5 Kota Cirebon (1986)

– SMAN 2 Kota Cirebon (1989)

– S1 Pendidikan Kimia IKIP Bandung (1994)

– S2 Pengajaran Kimia ITB Bandung (2008)

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin