Berita Bekasi Nomor Satu

Bandara Kertajati Diproyeksikan Penerbangan Haji 2023, Otoritas Arab Saudi Cek BIJB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelaksanaan penerbangan umrah di Bandara Kertajati, pada Sabtu (26/11/2022). (BKIP Kemenhub/Antara)

RADARBEKASI.ID, MAJALENGKA – Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation(GACA) Arab Saudi menerjunkan tim untuk melakukan assessment ke Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat di Kabupaten Majalengka. Hal itu dilakukan terkait kelaikan untuk penerbangan haji pada 2023.

Dari hasil kunjungan tersebut, GACA Arab Saudi memastikan bahwa Bandara Kertajati dinyatakan siap dan layak untuk menyelenggarakan penerbangan haji 2023.

”Pihak GACA menerjunkan tim untuk melakukan assessment kelaikan bandara melayani penerbangan haji 2023. Kami telah dikunjungi tim GACA lagi terkait assessmentkesiapan layanan di Bandara Kertajati untuk penerbangan haji,” Vice President Corporate Secretary PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dian Nurrahman seperti dilansir dari Antara, Kamis (16/2/2023).

BACA JUGA:Simak Nih, Biaya Jemaah Haji Lunas Tunda 2020 dan Jamaah Haji 2023

Dalam kunjungan tersebut, kata Dian, pihak GACA Arab Saudi memastikan bahwa Bandara Kertajati sudah menuntaskan seluruh hasil pemeriksaan dari GACA Arab Saudi yang dilakukan sejak akhir 2022.

Alhamdulillah semua assessment GACA Arab Saudi pada 6 Desember 2022 kemarin sudah selesai seluruhnya,” ujar Dian Nurrahman.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis Bandara Kertajati siap melayani penerbangan pada musim haji 2023. ”Jadi dari kapan-kapan juga sebenarnya Bandara Kertajati sudah siap,” kata Ridwan Kamil.

BACA JUGA: DPR Ungkap Anggaran Janggal Biaya Haji, Pengantar Stiker Rp 800 Juta

Dia menuturkan, kepastian itu akan didapat dari hasil finalisasi GACA Arab Saudi yang sudah berkunjung beberapa kali ke Bandara Kertajati.

”Kunjungan tersebut untuk memastikan musim haji tahun ini, warga Jawa Barat mayoritas terbangnya tidak lewat Cengkareng tapi lewat Kertajati,” terang Ridwan Kamil.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati diproyeksikan menjadi hub internasional atau bandara penghubung. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin