Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Lilin-Lilin “Pancasila” di Bawah Landmark Kota Bekasi

Massa dan aktivis mahasiswa menyalakan lilin-lilin Pancasila di bawah landmark Kota Bekasi, Minggu (19/3/2023). Sebuah sikap protes atas pembacaan Pancasila yang kurang lengkap oleh Plt Wali Kota Bekasi pada Sabtu (18/3/2023) malam. Foto: Ahmad Pairudz/Radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Insiden pembacaan Pancasila yang kurang tepat oleh Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, disambut para aktivis dan mahasiswa dengan mimbar bebas, Minggu (19/3/2023) malam.

Mimbar bebas itu dilakukan mereka di bawah landmark Kota Bekasi. Tidak jauh dari Stadion Patriot Candrabhaga tempat pembacaan Pancasila oleh Plt Wali Kota Tri Adhianto pada Sabtu (18/3/2023) malam di acara Bekasi Bersalawat.

Sebagai bentuk kecewa, massa menyalakan lilin-lilin bertemakan Pancasila, di tepi Jalan A.Yani, Kota Bekasi.

BACA JUGA: Begini Pembacaan Pancasila Dipimpin Plt Wali Kota di Stadion Patriot Candrabhaga Jelang Bekasi Bersalawat

“Pancasila itu filosofi Indonesia. Plt Wali Kota semestinya paham dan hapal isi sila dari Pancasila,” protes Christianto Manurung, ketua DPC GMNI Kota Bekasi, Minggu (18/3/2023).

Diberitakan, kegiatan Bekasi Bersalawat, Sabtu (18/3/2023) di Stadion Patriot Candrabhaga, dibuka Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Tri Adhianto yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi memimpin kegiatan tersebut dengan membaca Pancasila.

Dalam video yang beredar dan viral, di hadapan alim ulama dan bersama masyarakat Kota Bekasi, Plt Wali Kota memimpin pembacaan satu per satu kelima sila Pancasila.

BACA JUGA: Paripurna HUT ke-26 Kota Bekasi Ditebar “Uang” Aktivis

Awalnya, dari sila pertama hingga sila ketiga pembacaan lancar. Tidak ada yang keliru. Insiden pembacaan Pancasila kurang lengkap tampak saat Plt Wali Kota membaca sila keempat.

Sila keempat yang seharusnya dibacakan, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan permusyawaratan perwakilan, mendadak hilang satu kalimat. Tepatnya kata permusyawaratan.

Sontak, video viral pembacaan Pancasila oleh Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto itu menjadi pembicaraan warga dan mahasiswa. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin