Berita Bekasi Nomor Satu

Bacaan Niat Puasa Ramadan Satu Bulan Penuh Lengkap Dengan Artinya

Ilustrasi makan sahur bersama keluarga. Foto Antara.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Niat mengucapkan Puasa Ramadan biasanya dilakukan pada malam hari secara bersama-sama setelah menunaikan Salat Tarawih. Niat puasa Ramadan itu dibaca setiap malam. Satu niat untuk satu kali puasa. Dapat pula membaca niat puasa Ramadan untuk satu bulan penuh dengan satu kali bacaan niat.

Mengawali ibadah puasa pada hari pertama, maka penting sekali untuk kita melakukan niat puasa selama 1 bulan penuh selama bulan suci Ramadan.

Niat puasa Ramadan berbeda dengan puasa sunnah. Pada ibadah puasa tahunan ini, niat harus dilaksanakan pada malam hari karena diharuskan adanya niat diinapkan.

BACA JUGA: Ragam Puasa Dalam Islam, Mulai yang Wajib, Sunnah, Makruh Hingga yang Haram, Cekidot!

Sedangkan ibadah puasa sunnah, niat puasa bisa dilakukan pada pagi hari selama orang itu tidak makan dan minum serta menghindari hal-hal yang membatalkan puasa.

Melakukan niat puasa Ramadan sebenarnya diwajibkan dilakukan setiap hari ketika akan menjalankan ibadah puasa keesokan harinya. Namun untuk mengantisipasi lupa akan niat, maka diperbolehkan untuk melakukan niat puasa selama satu bulan penuh di awal Ramadan.

Dengan melakukan niat satu bulan penuh, andai saja ada hari di mana lupa membaca niat, maka ibadah puasa yang dilakukan akan tetap sah.

BACA JUGA: Ini Tips Tetap Sehat Jalani Puasa di Musim Pancaroba

Berikut niat puasa satu bulan penuh lengkap dengan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma jami’i syahri ramadani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah Ta’ala.”

Adapun mengucapkan niat puasa setiap malam lengkap dengan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an ada’i fardhi syahri Ramadana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala” (*/radarbekasi.id)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin