Berita Bekasi Nomor Satu

Anjuran Jenis Olahraga yang Cocok saat Berpuasa agar Tetap Bugar

ILUSTRASI: Warga bersepeda saat kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Minggu (12/6). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Letih, lesuh, dan lemas kerap dirasakan oleh hampir seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Lalu bagaimana agar badan tetap sehat dan tidak lagi merasa “Lemas”?

 

Dewan Pembina Himpunan Kader Penyuluh Indonesia (Hikapindo) Titi Masrifahati menjelaskan, bahwa untuk tetap bugar ketika menjalani ibadah puasa, umat muslim dianjurkan untuk tetap berolahraga.

 

“Agar tetap bugar umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, tetap dianjurkan untuk berolahraga,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (27/3/2023).

 

Namun penting bagi kalian untuk bisa memilih jenis olahraga apa yang baik, ketika menjalankan ibadah puasa. Sehingga tetap aman dan lancar menjalankan ibadah puasa.

 

BACA JUGA: Puasa Ramadan Tapi Tidak Salat, Bagaimana Hukumnya?

 

“Pilih jenis olahraga yang low impact, seperti bersepeda santai, jalan sedang, yoga atau senam ringan,” tuturnya.

 

Selain memilih olahraga yang tepat pemilihan waktu berolahraga juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebab saat sore hari kadar gula darah dalam kondisi rendah.

 

“Gunakan waktu yang tepat karena saat sore hari kadar gula darah kita dalam kondisi rendah jadi melakukan olahraga nya mendekati waktu berbuka puasa,” ucapnya.

 

Sementara melakukan aktivitas olahraga juga dibutuhkan waktu istirahat yang cukup, sehingga pastikan waktu istirahat seperti tidur cukup lama dan tidak kurang.

 

“Saat akan olahraga pastikan cukup tidur dan lama jam tidur nya tidak kurang,” pungkasnya.(dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin