Berita Bekasi Nomor Satu

Puasa Sehat Bagi Pengidap Diabetes Mellitus

Dokter spesialis penyakit dalam, dr Etty Aminah SpPD FINASIM

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ingin menjalani ibadah puasa namun khawatir dengan penyakit khusus yang diderita? Tenang, bagi kalian yang memiliki penyakit dalam khususnya Diabetes Mellitus (DM) kalian bisa tetap puasa tanpa rasa risau.

 

Penderita penyakit dalam seperti Diabetes Mellitus (DM) ternyata masih bisa tetap berpuasa dengan aman dan sehat, namun alangkah lebih baiknya dilakukan konsultasi terlebih dulu oleh dokter.

 

Sebab ternyata ada beberapa kriteria penyakit dalam DM yang boleh dan tidak boleh melakukan ibadah puasa, salah satunya penderita penyakit DM dengan insulin yang sementara ini tidak dianjurkan untuk berpuasa.

 

Namun jika dikonsultasikan terlebih dulu, ternyata penyakit DM dengan konsumsi obat melalui insulin yang ingin masih tetap menjalani ibadah puasa, diperbolehkan namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

 

BACA JUGA: MUI Serukan Cegah Aksi Tawuran Subuh Selama Ramadan

Yaitu bagi penyakit DM dengan konsumsi obat insulin dapat menjalani ibadah puasa, namun dosis insulin untuk sahur dapat dikurangi atau separuh dari dosis insulin yang biasa dikonsumsi.

 

Lalu bagi penderita DM yang diperbolehkan berpuasa adalah, mereka yang terkontrol dengan diet dan olahraga, terkontrol dengan terapi oral dan dosis (konsumsi obat) yang besar ditaruh di waktu berbuka, cukup mengkonsumsi air, diet Karbohidrat yang nilai glikemik indexnya rendah, olahraga beberapa saat.

 

Namun bagi kalian yang tidak sempat berolahraga, dapat mengganti kegiatan olahraga tersebut dengan kegiatan tarawih. Bila ada keluhan lemas, berkeringat banyak, mengantuk, bahkan penurunan kesadaran maka segera membatalkan puasanya.(dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin