Berita Bekasi Nomor Satu

Atur Kadar Gula Saat Berpuasa

Kepala Puskesmas Sukadami, dr.H.R.M. Adi Pranaya, MARS., MKK.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan jenis kadar gula berlebih saat menjalankan ibadah puasa tentu tidak baik. Lantas bagaimana cara mengatur makanan yang pas untuk kebutuhan asupan tubuh?

 

Sebelum makan atau berpuasa normalnya seseorang akan memiliki kadar gula darah yang berkisar 70 mg/dL (3,9 mmol/L) dan 100 mg/dL (5,6 mmol/L).

 

Sehingga saat gula darah puasa antara 100 hingga 125 mg/dL (5,6 hingga 6,9 mmol/L), maka perubahan gaya hidup dan pemantauan glikemia sangat direkomendasikan.

 

Gula sendiri merupakan sumber kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, dimana kebutuhan gula sendiri dapat memberikan energi dan juga nutrisi selama masih dalam kadar yang sesuai.

 

BACA JUGA: Si Langganan Sakit Lambung Tetap Bisa Berpuasa Ramadan dengan Aman dan Sehat, Berikut Tipsnya  

 

Dengan demikian bukan berarti kita tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi gula, sebab gula sendiri sangat dibutuhkan untuk keseimbangan tubuh ketika berpuasa.

 

Lalu bagaimana sih cara mengontrol asupan makan dengan kadar gula yang cukup bagi tubuh, penting bagi kalian untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan jenis kadar gula pengawet, karena akan sangat riskan untuk kesehatan tubuh.

 

Sehingga disarankan bagi kalian untuk mengkonsumsi makanan dengan jenis gula, seperti gula pasir ataupun gula merah saja, karena gula yang dikonsumsi masih cukup aman untuk tubuh.

 

Hindari minuman dengan jenis gula pengawet karena akan menyebabkan gatal pada tenggorokan, sehingga tentunya akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh ketika berpuasa. (dew)

BACA JUGA: Cara Tepat Ajarkan Anak Berpuasa

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin