Berita Bekasi Nomor Satu

Ada Kontingen Israel di World Beach Games 2023, Presiden Jokowi Bilang Begini

Presiden Joko Widodo. Foto dok.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui belum menerima laporan terkait penolakan Gubernur Bali, I Wayan Koster terhadap kontingen Israel yang akan bertanding di ANOC World Beach Games di Bali, pada 5-12 Agustus 2023.

“Saya belum dapat laporan ya. Saya belum dapat laporan,” kata Jokowi usia melakukan penanaman padi di Tuban, Jawa Timur, Kamis (6/4/2023).

Gubernur Bali I Wayan Koster sebelumnya menolak kedatangan kontingen Israel dalam acara tersebut.

BACA JUGA: Horeee, Indonesia Kontestan Piala Asia 2024 Qatar, Lihat Jadwal Drawingnya,

Koster beralasan, penolakan kepada atlet Israel berpatokan pada konstitusi dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

”(Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri, karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel),” ucap Koster di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4/2023).

Alasan ini yang mendasari Wayan Koster menolak kehadiran kontingen Israel. “Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” tegasnya.

BACA JUGA: FIFA Batalkan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Penolakan serupa sebelumnya sempat dilontarkan Wayan Koster terkait rencana kehadiran tim nasional (timnas) Israel pada Piala Dunia U-20.

Penolakan ini berujung pada keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin