Berita Bekasi Nomor Satu

PPP Capreskan Ganjar Pranowo, Berharap Dapat Jatah Cawapres

Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono saat memberikan keterangan pers secara daring, Rabu (26/4/2023). Foto ist.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA– Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengumumkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang akan diusung parpol berlambang Kakbah itu pada Pilpres 2024.

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono mengatakan nama Ganjar diumumkan sebagai capres 2024 setelah parpol berkelir hijau menggelar musyawarah dan diskusi internal.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, PPP memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pemilu 2024,” kata Mardiono dalam pengumuman Capres dari PPP secara daring, Rabu (26/4/2023).

BACA JUGA: PPP Umumkan Capres Hari Ini, Nasdem Umumkan Pendamping Anies Pekan Depan

Dia mengatakan keputusan parpolnya mendukung Ganjar berdasarkan beberapa pertimbangan seperti ingin melanjutkan sokongan kepada pria kelahiran Jawa Tengah itu.

Sebab, PPP pada Pilkada Jawa Tengah 2018 turut mendukung Ganjar sebagai kandidat untuk dipasangkan dengan Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin.

“Dukungan serupa telah diberikan PPP yakni dukungan politik pada Pilkada Jateng 2018. PPP telah mengantarkan beliau (Ganjar, red) menjadi Gubernur Jawa Tengah berpasangan dengan kader PPP Gus Yasin yang merupakan putra Maimun Zubair,” kata Mardiono.

BACA JUGA: Prabowo Ogah Duet Dengan Ganjar, Lobi Airlangga Jadi Cawapres

Dia mengatakan PPP ingin menitipkan politik amar makruf nahi mungkar dalam tatanan politik pemerintahan pada masa mendatang sehingga parpol bernomor 17 pada Pemilu 2024 itu mendukung Ganjar.

“Sebab, PPP yakin dengan kultur berasal dari Nahdlatul Ulama, beliau (Ganjar, red) memiliki visi yang sama dengan PPP,” kata Mardiono.

Selanjutnya, kata dia, PPP menimbang Ganjar memiliki kapasitas, integritas, dan akseptabilitas menjabat pemimpin bangsa.

BACA JUGA: Tinggalkan Gerindra, Sandi Minta Maaf ke Prabowo, Titip Surat Misterius

“Selain itu, dukungan elektabilitas sebagai politisi telah dibuktikan lembaga survei dengan menempatkan posisi teratas dibandingkan tokoh lainnya,” kata Mardiono

Mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu mengatakan PPP juga mempertimbangkan sisi historis saat menyatakan dukungan kepada Ganjar.

Mardiono kemudian menyinggung mertua Ganjar yang pernah menjabat Ketua DPC PPP Purbalingga dan posisi yang sama kini dijabat oleh kakak ipar mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Dikabarkan Pindah ke PPP, Prabowo: Kami Tidak Menahan

“Berikutnya, berdasarkan mandat forum rapimnas, PPP akan maksimal melakukan komunikasi dan langkah politik untuk mendorong kader PPP agar bisa dipasangkan sebagai bakal cawapres mendampingi Bapak Ganjar,” kata Mardiono.

Sebelumnya, nama Ganjar lebih dahulu diumumkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Capres 2024 di Istana Batu Tulis, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

“Menetapkan Saudara Ganjar Pranowo sekarang menjadi Gubernur Jawa Tengah untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres dari PDIP,” kata Megawati seperti disiarkan YouTube akun @PDIPerjuangan, Jumat 21 April 2023. (jpnn)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin