Berita Bekasi Nomor Satu

Harga Bahan Bahan Pokok mulai Turun

Illustrasi : Pedagang menata dagangan sayur mayur yang mengalami kenaikan, di Pasar Tambun, Kabupaten Bekasi, Senin (30/1). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Memasuki H+4 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, harga sejumlah bahan pokok mulai turun yang awalnya merangkak naik pada saat bulan Ramadan.

Salah satunya harga cabai, dari semua jenis, pada H-1 Idul Fitri, harganya mencapai Rp 70-80 ribu per kilogram, namun saat ini turun menjadi Rp 25 – 30 ribu per kilogramnya.

Ketua Forum Komunikasi Pedagang (FKP) Pasar Induk Cibitung (PIC), Abdul Hakam menyampaikan, setiap menjelang hari-hari besar seperti Idul Fitri, permintaan sejumlah bahan pokok mengalami peningkatan. Salah satunya cabai, namun ada beberapa sisi sepi peminat. Oleh sebab itu, disaat kebutuhan tinggi, maka harganya akan melonjak.

“Pada hari biasa, harga cabai hanya sekitar Rp 25-30 ribu, dan sebelum lebaran, bisa mencapai Rp 70-80 ribu per kilogramnya. Namun saat ini sudah mulai turun atau stabil kembali,” ujarnya.

Salah satu pedagang cabai di PIC, Maher (44) menuturkan, saat Hari Raya Idul Fitri ia selalu mendapat berkah, sebab omsetnya melonjak dua kali lipat. Dimana pada hari biasa, dia hanya mampu menjual sekitar lima kwintal cabai perharinya. Tapi pada saat bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri, bisa mencapai 1- 1,5 ton cabai per harinya.

“Alhamdulillah, pada saat menjelang lebaran omsetnya tinggi. Sebab, akses transportasi dan banyaknya permintaan untuk memenuhi kebutuhan menjadi salah satu penyebab kenaikan harga. Meski begitu, keuntungan para pedagang perkilonya sama saja. Hanya ada peningkatan barang yang dijual,” terang Maher.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Gatot, mengakui ada sejumlah harga bahan pokok yang naik. Salah satunya daging, cabai, ayam dan lainnya. Hanya saja, Gatot belum bisa menjelaskan secara rinci, karena harus melihat data.

“Mohon maaf saya belum bisa memberi penjelasan secara detail. Akan tetapi, kenaikan harga memang selalu terjadi karena beberapa hal. Hanya saja, kami mengatasinya dengan cara melakukan operasi pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” bebernya.

Dijelaskan Gatot, sepengetahuannya, untuk saat ini sejumlah harga bahan pokok dari data distributor sudah mulai stabil. Diantaranya, cabai merah mencapai Rp 22 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp 22 ribu, cabai merah keriting Rp 25 ribu, cabai rawit hijau Rp 22 ribu, daging sapi Rp 110 ribu, daging ayam Rp 30 ribu, bawang merah Rp 40 ribu.

“Jadi, kenaikan harga itu terjadi pada saat menjelang lebaran saja, karena secara bersamaan masyarakat membutuhkan sejumlah bahan pokok untuk menyambut Idul Fitri,” ucapnya. (and)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin