Berita Bekasi Nomor Satu

Pilih Mudik Usai Lebaran

ILUSTRASI: Petugas memasang stiker kendaraan laik jalan saat persiapan arus mudik di terminal Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tidak hanya jumlah kedatangan penumpang yang meningkat, jumlah keberangkatan penumpang di terminal Induk Kota Bekasi sepekan usai Idul Fitri juga masih tinggi.

Data dari Terminal Induk Kota Bekasi Bekasi, pada (30/4) tercatat sebanyak 679 penumpang tiba di terminal Bekasi dan sebanyak 737 penumpang masih bertolak ke sejumlah daerah.

Kepala Terminal Bekasi Hermawan menjelaskan masih banyaknya pemudik yang berangkat sepekan usai lebaran. Alasan penumpang memilih mudik pasca lebaran karena harga tiket yang mahal serta tidak kebagian tiket saat gelombang mudik sebelum hari raya.

“Informasi awal mereka itu pertama tidak kebagian tiket pada saat arus mudik, dan kedua mungkin harga tiket yang masih mahal,” ungkapnya

Lanjut Hermawan, alasan lain, pemudik mengaku lebih leluasa memilih pulang di akhir liburan lebaran ini, atau saat arus balik, terlebih mereka yang berwirausaha lebih punya banyak waktu luang untuk mudik.

Dirinya juga tidak menampik adanya penurunan harga saat berangkat usai idul fitri dibandingkan saat arus mudik kemarin.

Adapun demikian, kata Hermawan kedatangan arus balik pada hari terakhir libur lebaran atau Minggu (30/4) ini mengalami kenaikan 20 persen.

“Nah untuk hari ini kayaknya akan lebih banyak lagi karena pergerakannya cukup intens baik lokal maupun dari Sumatera, bahkan yang keberangkatan pun masih banyak juga,” tuturnya

Pihaknya memastikan puncak arus balik lebaran sesuai prediksi terjadi pada 25 dan 26 April 2023 mencapai 902 penumpang yang turun di Terminal Bekasi.

“Kemarin puncaknya itu sebanyak 902 penumpang yang turun di terminal pada hari Rabu,” ungkapnya

Menurutnya, kebanyakan penumpang didominasi saat arus balik ini berasal dari daerah Jawa Barat seperti dari daerah Tasikmalaya dan Cirebon yang turun di Terminal Bekasi.

“Untuk Sumatera juga sudah mulai, cuma tidak begitu signifikan, bahkan tadi saya sampaikan masih ada juga yang berangkat mudik. Jadi bukan cuma balik, tapi arus mudik pun masih terlihat,” bebernya

Dirinya memprediksi kedatangan penumpang arus balik terakhir kemarin, hal itu dikarenakan kondisi perkantoran dan pabrik sudah mulai kembali normal.

“Prediksi kita puncaknya hari ini (kemarin) ya, karena besok kan sudah normal lagi untuk kegiatan baik perkantoran maupun mungkin pabrik ya,” jelasnya

Saat arus balik sebanyak 37 personel secara bergantian melakukan pemantauan di Terminal Induk Kota Bekasi. “Untuk kendala baik arus mudik dan balik sampai hari ini masih lancar-lancar aja belum ada hal-hal yang merugikan masyarakat,” pungkasnya (rez).

Solverwp- WordPress Theme and Plugin