Berita Bekasi Nomor Satu

KKG Meta Komitmen Tingkatkan Kompetensi Guru dan Siswa

Kesi Iswanti

RADARBEKASI.ID, BEKASIKesi Iswanti merupakan Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Mekarsari Tambun (Meta). Sejumlah program tengah dijalankan sebagai wujud komitmen meningkatkan kompetensi guru dan siswa. Program yang dijalankan KKG mulai dari memaksimalkan aktivasi akun belajar, memperdalam implementasi Kurikulum Merdeka, serta platform Merdeka Mengajar. Agar program-program tersebut dapat fokus dijalankan, KKG Meta memiliki strategi khusus.

“Untuk bisa fokus dalam menjalankan beberapa program tersebut, kami melakukan rapat rutin, dimana setiap program yang dijalankan memiliki penanggung jawab yang bertugas untuk bisa fokus menjalankan program tersebut,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Jumat (5/5/2023).

Setiap program dari KKG Meta ini telah disosialisasikan kepada para anggota agar bisa dipahami. Dengan demikian, program bisa dijalankan secara bersama-sama.

“Sosialisasi ini mempermudah anggota agar bisa mempersiapkan diri dan mengetahui apa saja yang akan dilakukan selama beberapa bulan kedepan,” ucap guru berusia 38 tahun ini.

Terbukti dari aktifnya kegiatan KKG, guru mendapatkan kontribusi dalam peningkatan kompetensi dan kinerja. Selain itu juga bisa meningkatkan kualitas pembelajaran serta memaksakan diri untuk melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

“Hadirnya KKG yang memiliki fokus dalam sejumlah program tentu memiliki dampak yang cukup baik kepada sejumlah guru. Diantaranya adalah kualitas yang meningkat, pengembangan keprofesian yang berkelanjutan, serta mempererat silaturahmi untuk melakukan kerjasama yang baik,” jelas guru yang disapa Kesi ini.

BACA JUGA: Hardiknas Harus Dijadikan Momentum Perbaikan Sistem Rekrutmen Guru

Dengan meningkatnya kompetensi guru yang kreatif dan inovatif, jelas dia, maka tentu siswa bisa belajar lebih efektif dan dapat mengembangkan minat serta bakatnya.

“Dampaknya bukan hanya untuk guru saja, akan tetapi lebih dalamnya kepada siswa. Karena yang terpenting dari proses panjang ini adalah untuk siswa agar bisa mengembangkan minat serta bakatnya,” terangnya.

KKG akan terus berkomitmen dalam mendorong sejumlah program peningkatan guru. Fokusnya pada perkembangan dunia pendidikan dari segi pembelajaran maupun peningkatan kompetensi guru dan siswa.

“Kami akan terus berkomitmen meningkatkan kompetensi siswa serta guru, dimana itu semua memang merupakan tugas KKG dalam mensukseskan dan memajukan dunia pendidikan,” pungkasnya.

BACA JUGA: Guru PPPK Kota Bekasi Tuntut TPP Disamakan PNS

Hobi Literasi

Kesi mengaku sejak lama sampai dengan saat ini hobi berliterasi. “Saya sudah cukup lama mempelajari dan memiliki hobi literasi, khususnya di bidang literasi digital dengan berbagai media yang ada saat ini,” ungkapnya.

Dirinya tertarik di bidang literasi karena memiliki keinginan untuk membuat tulisan yang menarik dan bisa bermanfaat bagi banyak orang yang membaca. Karya yang telah dihasilkan antara lain mengenai infografis pembelajaran dan menulis praktik baik yang dikemas dalam judul Satu Minggu Satu Buku Literasi Asyik (SAMUURAI).

“Alhamdulillah sudah dibukukan,” ucapnya.

Menurutnya, literasi adalah kemampuan informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Kemampuan untuk memahami dan mengenali ide-ide bernalar atau berpikir kritis bisa dibentuk melalui literasi tersebut.

“Pemahaman mengenai literasi itu sebenarnya sangat luas, selain umumnya adalah membaca dan menulis kita juga bisa memiliki nalar serta pikiran yang kritis,” tuturnya.

Saat ini, dirinya sedang mempelajari literasi baru yaitu cara menulis puisi dari pengalaman pribadinya. “Saya satu tahun belakangan ini sedang belajar membuat puisi, membuat tulisan dari pengalaman pribadi,” jelasnya.

Dirinya berharap hobinya dalam berliterasi bisa terus dikembangkan. Selain itu melalui literasi dirinya bisa terus memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang. (dew)

BIOGRAFI

Kesi Iswanti

Lahir: Bekasi, 5 Mei 1985

Riwayat Pendidikan:

– SDN Bulu 1 Tambun (1997)

– SMPN 1 Tambun (2000)

– SMAN 1 Tambun (2003)

– D2 PGSD-Pendidikan Anak Universitas Negeri Jakarta (2006)

– S1 PGSD Universitas Terbuka Bandung (2010)

 

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin