Berita Bekasi Nomor Satu

Waspada Potensi Kebakaran di Musim Kemarau

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, menghimbau masyarakat agar lebih waspada potensi bencana kebakaran pada saat musim kemarau. Terutama potensi kebakaran lahan, karena rumput, ilalang, maupun yang lainnya.

“Saya meminta kepada masyarakat waspada potensi bencana kebakaran pada saat ini, khususnya kebakaran lahan. Pada musim panas atau kemarau, ilalang dan rerumputan mudah terbakar,” beber Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri, Selasa (9/5).

Pihaknya terus melakukan sosialisasi pada pihak desa, kelurahan dan kecamatan. Agar warga tidak sembarangan membuang puntung rokok dan tetap waspada. Pasalnya, kebakaran lahan berpotensi merambat sampai ke pemukiman warga, sehingga tidak boleh dianggap remeh. Selain itu, warga juga diminta memeriksa kembali instalasi listrik dan alat elektronik di rumah masing-masing.

“Kabel atau alat jaringan listrik harus diperiksa, kabel yang sudah lama atau tua agar di cek. Tujuannya untuk menghindari korsleting yang berakibat pada kebakaran,” terang Hasan.

Sebagai langkah antisipasi, Damkar Kabupaten Bekasi menyiagakan sepuluh posko kebakaran di sejumlah titik, diantaranya Tarumajaya, Tambun Selatan, dan Cikarang Barat. Dirinya memastikan, posko-posko tersebut akan selalu dijaga oleh para petugas.

“Kami adakan siaga piket 24 jam di tiap peleton. Ketika ada kebakaran atau informasi dari masyarakat, kami siap meluncur,” tegas Hasan. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin