Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Atlet Bekasi Sumbang 12 Medali

RADARBEKASI.ID, BEKASI – SEA Games Kamboja 2023 berakhir. Tim Indonesia berhasil menempati peringkat ketiga. Beberapa medali disumbangkan oleh alet dari Bekasi. Total ada 22 Atlet dari Kota dan Kabupaten Bekasi di ajang Sea Games ini. Masing-masing 19 dari Kabupaten Bekasi, tiga dari Kota Bekasi, mempersembahkan medali untuk Indonesia.

“Catatan data KONI Kota Bekasi ada tiga orang atlet Kota Bekasi yang ikut Sea Games 2023, cabang Taekwondo dan Cricket,” ungkap Sekretaris Umum KONI Kota Bekasi, Arwani, Selasa (16/5).

Dari cabang olah raga Taekwondo, Nicholas Armanto memperoleh medali perak di kelas under 87 kg. Sementara dari cabang olahraga Cricket, Ahmad Ramdhoni dan Gema Fajar memperoleh medali perunggu kategori Men’s Team of Six.

Sejauh ini ketiga atlet Kota Bekasi dilaporkan dalam keadaan baik. Hanya saja, cuaca cukup panas di Kamboja menjadi kendala.

Diperkirakan, pekan depan ketiganya sudah kembali ke Indonesia. Selama pelaksanaan Sea Games, Arwani menghimbau kepada ketiganya untuk menjaga kondisi fisik, tidak keluar gedung guna menghindari dehidrasi kecuali ada keperluan mendesak, serta mengkonsumsi suplemen dan makan-makan bergizi.

“Alhamdulillah baik, cuma kendala cuaca yang cukup panas, bisa mencapai 42 derajat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kota Bekasi, Tri Adhianto menyampaikan bahwa Kota Bekasi akan memberikan tambahan bonus kepada atlet yang berhasil memperoleh medali emas.

“Akan ada uang Kadeudeuh buat peraih emas. 100 juta (untuk medali) emas,” kata Tri yang juga Plt Walikota Bekasi.

Diketahui, Pemerintah pusat akan memberikan bonus bagi atlet atau pelatih, asisten pelatih peraih medali Sea Games Kamboja 2023. Pemerintah menyiapkan anggaran Rp275 miliar untuk pemberian bonus.

Sementara itu, 10 medali dipersembahkan oleh atlet dari Kabupaten Bekasi, empat diantaranya medali emas. Enam lainnya, masing-masing satu medali perak, dan lima medali perunggu.

Sejumlah atlet yang telah meraih prestasi di ajang internasional ini diantaranya, empat medali emas diraih, Alam Fajar Kusuma (beregu/tim) hoki indoor Asep Yuldan Sani (beregu/tim) pencak silat, Sendiaga, Tedy Hidayat, Moch Martin Ramadhan EMAS (beregu/tim) Kun Bokator, Hendra Kurniawan, Boy Arnes (beregu/tim) voli.

Kemudian, satu medali perak diraih Tasya Ayu Puspa Dewi atlet wushu perorangan nomor nanquan putri.

Sementara untuk peraih lima medali perunggu diraih, Sely Amalia, Patmawati (beregu/tim) hoki indoor putri, Selfiah Pertiwi (beregu/tim) Kun Bakator, Muhammad Dwiky Raharjo (beregu/tim) renang estafet 4×100 meter gaya ganti, Muhammad Dwiky Raharjo renang perorangan 50 meter gaya dada putra, dan Randy Arbenata Mohamad Bintang (beregu/tim) Golf beregu putra.

Kepala Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, dari 599 atlet Indonesia yang bertanding di 31 Cabor, ada 127 atlet Jawa Barat dimana 19 orang di antaranya dari Kabupaten Bekasi.

“Kami bangga dan sangat mengapresiasi. Atlet Kabupaten Bekasi yang berlaga di Sea Games sudah menambah kepingan medali bagi Indonesia. Di cabang Hocky, Kun Bokator, Voli dan Silat. Masih ada beberapa juga atlet kita yang saat ini yang akan menghadapi Final,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Koni Kabupaten Bekasi, Reza Luthfi Hasan menyampaikan pembinaan yang dilakukan bekerjasama dengan pengurus cabang olahraga serta para pelatih. Menurut dia, hal ini merupakan hasil dari perolehan dari porprov Jabar belum lama ini.

“Semua yang bertanding ini merupakan yang berprestasi dalam ajang Porprov Jabar tahun 2022 lalu. Meskipun dari 19 atlet yang bertanding. Bagi kami sudah cukup bangga dengan prestasi yang diraih mewakili Indonesia berasal dari Kabupaten Bekasi,”ucapnya.

Apakah akan mendapatkan bonus atau apresiasi. Reza menuturkan seharusnya wajib untuk diberikan apresiasi. Namun terkait masalah bonus yang berkaitan dengan basis anggaran akan dikomunikasikan dengan pemerintah daerah.

“Kalau apresiasi pasti ya. Namun untuk terkait bonus akan saya sampaikan kepada Pak Pj Bupati Bekasi,”ucapnya. (and/sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin