Berita Bekasi Nomor Satu

Kisah Ustaz Manshur, 23 Tahun Urus Masjid, Diberangkatkan Umrah dan Haji Gratis

BERUNTUNG: Pedagang perabotan keliling yang juga pengurus Masjid, Ustaz Manshur (63) saat ditemui di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Rabu (24/5). Manshur mendapat hadiah berangkat haji gratis yang dibiayai oleh Hamba Allah. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Rasa syukur dan bahagia tengah dirasakan Ustaz Manshur (63). Ia tak menyangka keinginannya untuk pergi ke tanah suci bisa terwujud, bahkan dua kali berturut-turut. Pertama umrah dan saat ini berkesempatan menjalankan ibadah haji, keduanya tanpa biaya.

RAIZA SEPTIANTO
Bekasi Selatan

Di tengah keterbatasan ekonomi sebagai penjual perabot (alat rumah tangga) keliling di benak Manshur sulit rasanya mewujudkan keinginannya pergi ke tanah suci Makkah. Tetapi tidak ada yang tidak mungkin. Manshur justru mendapat kesempatan menjalankan rukun Islam kelima lewat jalan yang tak disangka-sangka.

Warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi ini mengatakan, ongkos naik haji dibiayai oleh donatur yang sampai saat ini dia tidak tahu siapa orang dermawan tersebut.

“Saya juga belum tahu siapa orangnya yang memberikan saya ini (hadiah ibadah haji),” kata Manshur saat dijumpai di Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi, Rabu (24/5).

Selain pedagang perabot keliling, Manshur juga merupakan pengurus Masjid Baiturrahman Mangunjaya Indah 1, Tambun Selatan selama 23 tahun.

“Setiap pemilihan tiga tahun sekali, jadi lagi, jadi lagi. Sampai akhirnya sekarang usia saya 64 tahun bulan Juni besok dari mulai saya 40 tahun, itu saya jadi ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid),” kata dia.

Manshur mengabdi sebagai pengurus masjid, setiap hari berdoa agar diberikan kesempatan menjalankan ibadah haji ke tanah suci.

“Alhamdulillah ini karena karunia Allah, karena semua orang muslim ingin melaksanakan haji, seperti saya orang kecil ini, kalau dilihat mungkin sangat susah menunaikan ibadah haji,” ucapnya.

Sebelumnya Manshur mengatakan, ia juga pernah mendapat hadiah umrah gratis pada bulan Oktober tahun lalu. Dan tahun ini ia bisa kembali ke tanah suci secara gratis.

“Karena orang pergi haji kan gak cuma ongkos doang dan sebagainya, tetep aja ada biaya sedikit tapi gak terlalu saya pikirkan. Karena seluruh biaya itu dibekelin (sudah disiapkan),” kata dia.

Manshur menceritakan, sekitar 15 tahun silam, sahabatnya sekaligus tetangga di lingkungan tempat tinggalnya bernama Saban datang ke rumah.

“Pak Haji Saban, teman deket saya juga, beliau tiba-tiba datang ke rumah pagi-pagi minta KK dan KTP, ini ada rezeki berangkat haji oleh Hamba Allah,” tuturnya.

Dia sempat heran, siapa Hamba Allah yang berbaik hati membiayai ongkos perjalanan hajinya, “Saya kaget ini guyon atau beneran,” katanya.

Namun, dia tidak pernah diberi tahu siapa sosok donatur yang menyebut dirinya sebagai Hamba Allah. Manshur hanya bisa berdoa, Hamba Allah yang membiayai perjalan hajinya dapat terus diberikan keberkahan.

“Saya sebagai orang yang diberi rezeki pastilah saya berdoa sekali untuk beliau, kalau beliau masih berusaha, usahanya dilancarkan, dimudahkan, bisa memberi kesempatan ke yang lain,” ucapnya.

Hadiah berangkat haji ini kata Manshur, tidak pernah dia bayangkan sebelumnya.
Selama ini, dia hanya mampu berdoa agar dapat mengunjungi rumah Allah di Makkah, Arab Saudi.

“Berdoa saya, Ya Allah selama ini aku ngurusin rumah kamu di Mangunjaya, kapan saya bisa mengunjungi rumahmu di Mekkah dan Madinah,” tutup dia (*).

Solverwp- WordPress Theme and Plugin