Berita Bekasi Nomor Satu

Bima Sakti Terpilih Pelatih Timnas Indonesia U-17, Ini Alasannya

Bima Sakti saat jumpa pers di Piala AFF U-16 2022. Dia kembali dipilih PSSI menukangi timnas Indonesia U-17. (Dok PSSI)

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Bima Sakti Tukiman terpilih menjadi pelatih timnas Indonesia U-17. Pelatih berusia 47 tahun itu akan membawa skuad Garuda Muda mentas di Piala Dunia U-17 2023.

Terpilihnya Bima sebenarnya tak mengherankan, karena mantan gelandang timnas Indonesia ini sudah lekat dengan pemain-pemain muda potensial Indonesia.

Bima bahkan menjadi pelatih timnas Indonesia U-16 sejak 2019, dan menjadi jawara di Piala AFF U-16 2022. Karena itu, Bima sangat layak mendapatkan kesempatan tersebut.

BACA JUGA: FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memiliki pandangan lain dalam penunjukan Bima sebagai pelatih timnas Indonesia U-17dalam persiapan menuju Piala Dunia U-17 2023, 10 November-2 Desember 2023.

Menurut Menteri BUMN tersebut, pihaknya terus memberikan kesempatan kepada pelatih lokal untuk memberikan sentuhan kepada pemain-pemain muda. “Kami rasa akan memberikan kesempatan kepada coach Bima. Kita perlu coach-coach muda,” ujar Erick Thohir.

“Jadi kami akan memberikan kepada coach Bima Sakti, dan nanti kami akan diskusikan di Komite Eksekutif (Exco) pasti ada pendamping karena ini kejuaraan dunia,” katanya.

BACA JUGA: Fans Bola dan Coldplay Berebut Stadion GBK Usai FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Kesempatan kepada pelatih lokal memang terus dikembangkan PSSI, bahkan strategi itu sudah diterapkan Shin Tae-yong, maupun Pelatih Indra Sjafri dalam memimpin timnas Indonesia U-23.

“Di kepemimpinan coach Shin Tae-yong itu ada pelatih Nova Arianto dan pelatih-pelatih baru sekarang. Indra Sjafri banyak coach muda, ada Kurniawan. Saya rasa positif,” imbuh Erick Thohir. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin