Berita Bekasi Nomor Satu

Segera Vaksin, Cegah Penularan Rabies

ILUSTRASI: Petugas menyuntikan vaksin rabies ke anjing dalam rangka HUT Kota Bekasi ke-26 di Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Minggu (19/2). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seiring maraknya kasus rabies di sejumlah daerah, Pemerintah Kota Bekasi mengingatkan pemilik hewan peliharaan memberikan vaksin rabies kepada binatang peliharaannya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DKPPP Kota Bekasi, Ester menyampaikan, bahwa himbauan kepada masyarakat untuk melakukan vaksin rabies kepada hewan peliharaan terus dilakukan.

“Himbauan atau peringatan kepada masyarakat untuk melakukan suntik vaksin rabies kepada hewan peliharaan sudah sering kami sampaikan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (3/7).

Mengingat adanya berita tentang kematian yang diakibatkan gigitan hewan terjangkit rabies di beberapa daerah, pihak DKPPP meminta kepada masyarakat untuk lebih peduli kepada hewan peliharaannya.

“Lebih peduli walaupun saat ini di Kota Bekasi sendiri belum teridentifikasi adanya kasus hewan terkena rabies,” jelasnya.

Sementara untuk suntik vaksin rabies sendiri dapat dilakukan ke beberapa jenis hewan seperti anjing, kucing dan juga kera. Kota Bekasi melalui DKPPP sebelumnya juga telah melakukan suntik rabies kepada 269 hewan pada bulan Februari 2023 lalu.

“Suntik rabies dilakukan kepada beberapa jenis hewan seperti kucing, anjing dan juga kera. Pada bulan Februari lalu kami juga telah melakukan suntik rabies kepada sejumlah hewan peliharaan,” terangnya.

Lebih lanjut, suntik rabies sendiri dapat dilakukan pada hari-hari biasa secara gratis tanpa pungutan biaya apapun. Sehingga suntik rabies sendiri dapat dilakukan dengan segera oleh masyarakat.

“Untuk hari-hari biasa tetap melayani dan itu gratis tidak dipungut biaya apapun,” tuturnya.

Menurutnya masyarakat harus memahami dan peduli akan hal itu agar kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya. Dan pihak DKPPP sendiri siap melayani bagi masyarakat yang ingin melakukan suntik rabies.

“Kami siap melayani jangan sampai penangananya terlambat, karena suntik rabies sendiri dapat dilakukan kapanpun,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin