Berita Bekasi Nomor Satu

Pastikan Kelaikan Integrasi Angkutan

Stasiun Jatimulya Titik Kumpul Uji Coba LRT

ILUSTRASI: Pengendara melintas di bawah jalur LRT di Ruas Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (11/10). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek bakal di uji coba 12 Juli hingga 15 Agustus 2023. Stasiun Jatimulya bakal menjadi titik kumpul pada proses uji coba.

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) juga turut mempersiapkan proses uji coba layanan transportasi massal berbasis rel tersebut. Sejauh ini Dishub mengklaim persiapan yang dilakukan sudah maksimal.

“Persiapan uji coba dengan penumpang sudah dilakukan secara maksimal,” ujar Kepala Bidang Angkutan dan Terminal pada Dishub Kota Bekasi, Ade Rahmat Karyadi kepada Radar Bekasi, Minggu (9/7).

Untuk Kota Bekasi titik kumpul uji coba akan dimulai di stasiun Jatimulya menuju stasiun Dukuh Atas, yang akan melayani keberangkatan dan juga kepulangan penumpang. Selama uji coba tarif yang dikenakan hanya Rp1 saja.

“Titik kumpul di stasiun Jatimulya menuju stasiun Dukuh Atas pulang dan pergi,” jelasnya.

Informasi yang diterimanya untuk uji coba pertama, satu gerbong yang akan dioperasikan untuk wilayah line 3 Bekasi, dengan jumlah penumpang terbatas.

“Sehari baru dioperasikan satu gerbong untuk wilayah line 3 Bekasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, masa uji coba LRT dengan penumpang sendiri akan dilakukan setiap hari selama satu bulan lamanya, selama uji coba berlangsung jumlah penumpang akan dibatasi.

“Yang menentukan jumlah penumpang dari pihak LRT nya langsung yaitu dalam undangan 150 penumpang,” ucapnya.

Sementara para penumpang LRT dapat menggunakan angkutan pendamping seperti transpatriot dan angkutan kota yang ditunjuk oleh Organda yang masih laik jalan.

“Menuju LRT penumpang dapat menggunakan transpatriot dan angkutan kota yang ditunjuk oleh Organda yang masih laik untuk jalan dan juga beroperasi,” tuturnya.

Pihak Dishub sendiri berharap dalam proses uji coba yang akan dilaksanakan nanti, baik kesiapan yang dilakukan selama ini bisa berjalan dengan baik sehingga uji coba dapat berjalan dengan lancar.

“Prosesnya sudah disiapkan dengan cukup matang, sehingga kami harap uji coba nya dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Mengutip dari postingan yang diunggah akun media sosial Instagram resmi LRT Jabodebek, beberapa persyaratan dan ketentuan pendaftaran untuk bisa mengikuti uji coba LRT Jabodebek sudah disosialisasikan.

Pertama masyarakat dapat mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di link pendaftaran, setelah mengisi formulir pendaftaran masyarakat wajib menunggu konfirmasi dari tim LRT terkait jadwal perjalanan.

Konfirmasi akan disampaikan melalui SMS, WhatsApp ataupun email, setelah mendapatkan balasan masyarakat wajib menunjukkan konfirmasi tersebut kepada petugas LRT.

Wajib membawa uang elektronik atau KMT yang masih berlaku, bersedia mengikuti rute perjalanan yang sudah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek, dan ingat hanya yang sudah terkonfirmasi saja yang bisa mengikuti perjalanan tersebut. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin