Berita Bekasi Nomor Satu

Babak Akhir Seleksi Calon Bawaslu Bekasi

KANTOR SEKRETARIAT TETAP: Kantor sekretariat tetap Bawaslu Kabupaten Bekasi di Desa Karangasih Cikarang Utara, Senin (26/12). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komposisi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota dan Kabupaten Bekasi tak lama lagi akan berganti. Sejauh ini tiga anggota Bawaslu petahana di Kabupaten Bekasi masuk sepuluh besar dalam proses penjaringan pengawas Pemilu 2024.

Ketiga anggota bawaslu incumbent yang melaju ke sepuluh besar di antaranya, Aan Hasanah, Akbar Khadafi, dan Khoirudin.

“Setahu saya ada beberapa incumbent di Kabupaten Bekasi yang masuk ke sepuluh besar,” ujar Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota Wilayah Zona II Bawaslu Jabar, Aip Syarifudin, kepada Radar Bekasi, Selasa (1/8/2023).

Sesuai SK dari Bawaslu RI, perpanjangan kinerja Timsel terakhir pada 31 Juli 2023. Oleh karena itu kata Aip, ketika proses penjaringan masuk sepuluh besar sudah tidak ada kewenangan lagi dari Timsel. Pasalnya, semua kewenangan sudah berada di Bawaslu RI.

“Sekarang sudah sepuluh besar dan kami berkewajiban menghantarkan sampai sepuluh, berikutnya ini sudah menjadi kewenangan RI melakukan SSGB, untuk mengukur kapasitas calon dari berbagai indikator,” ucapnya.

Saat ini setiap kabupaten dan kota itu tinggal menunggu jadwal dari Bawaslu RI yang mempunyai kewenangan, untuk memilih yang terbaik sesuai mekanisme.

“Timsel sudah nggak ikut dalam hal itu, karena memang SK kita sudah habis tadi malam, Senin (31/7/2023). Kita tinggal menunggu saja nanti yang terbaik, terpilih oleh mekanisme,” tuturnya.

BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Bekasi Punya Anggota Baru

Selama proses penjaringan Aip mengklaim, Timsel sudah mencoba melakukan yang terbaik sesuai dengan mekanisme yang ada. Sesuai pedoman yang ada, Timsel hanya memberikan nilai sesuai kapasitas yang diberikan, tidak oper leving dengan itu. Karena ada beberapa yang memang kewenangan dari pihak lain, misalkan psikotes dan kesehatan.

“Kita hanya menerima saja. Kami dari Timsel berharap mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa berkontribusi untuk kebaikan, walaupun ada dinamika-dinamika yang terjadi di lapangan,” katanya.

Ada pun nama-nama yang lolos untuk calon anggota Bawaslu Kota Bekasi yakni Abrianto Lumbangaol, Alethea Rahma, Ali Mahyail F, Basan Saiful Nurdin, Beny Kurniawan, Choirunnisa, Jhonny Sitorus, Muhamad Sodikin, Nur Azizah Haqiqi, Vidya Nurrul Fathia.

“Tugas kami sebagai timsel sudah tuntas. Sampai menghantarkan ke-10 orang peserta,” kata Aip. (pra/pay)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin