Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Pengamat: Awas, Pj Wali Kota Bekasi Titipan Bakal Cawe-Cawe Pemilu Hingga Pilkada Kota Bekasi

Ilustrasi jabatan Wali Kota. Pj Wali Kota Bekasi bakal dilantik Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin pada 20 September 2023.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam hitungan hari, diprediksi 3 nama calon Pj Wali Kota Bekasi yang diusulkan fraksi-fraksi di DPRD Kota Bekasi akan dikirimkan ke Gubernur Jawa Barat untuk selanjutnya satu diantara kandidat akan ditetapkan Mendagri sebagai Pj Wali Kota Bekasi.

Sejumlah nama calon Pj Wali Kota Bekasi itu sudah beredar. Di antaranya yang menguat dan jadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, yaitu Kusnanto (Dirut RSUD Chasbullah Abdulmajid), Koswara Hanafi (Kadis Perhubungan Provinsi Jawa Barat) dan Makmur Marbun (Direktur Produk Hukum Daerah di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri).

Pengamat politik Sahat P. Ricky Tambunan berharap Mendagri Tito Karnavian menghindari tekanan politis dalam penetapan Pj Wali Kota Bekasi. Pasalnya, isu yang beredar, satu diantara tiga bakal calon itu merupakan titipan salah satu parpol besar.

BACA JUGA: Beredar, Sejumlah Nama Bakal Calon Pj Wali Kota Bekasi, Fraksi PDIP Bilang Begini

”Akibat titip menitip ini, Mendagri harus bijaksana dalam menetapkan Pj Wali Kota,” ungkap Ricky dalam keterangan persnya, Jumat (4/8/2023).

Ricky menduga, jika titipan salah satu parpol besar ini lolos dan ditetapkan menjadi Pj Wali Kota Bekasi oleh Mendagri, maka Pj Wali Kota tersebut menjadi ‘boneka’ salah satu parpol dan bakal cawe-cawe membantu parpol tersebut untuk memenangkan Pemilu, Pileg dan Pilkada di kota Bekasi.

”Targetnya memenangkan salah satu ketua parpol menjadi Wali Kota Bekasi pada November 2024. Ini bakal membuat suasana Kota Bekasi gaduh. Kita berharap Pj Wali Kota nanti bersikap netral saat Pilpres, Pileg dan Pilkada,” tandas Ricky. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin