Berita Bekasi Nomor Satu

Perkuat Sinergi Pembangunan Jabar

BERBINCANG: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan (kanan) berbincang dengan Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, saat acara Kopdar Jabar 2023 di Mason Pine Hotel Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, menghadiri secara langsung kegiatan Komunikasi Pembangunan Daerah Jawa Barat (Kopdar Jabar) 2023 di Mason Pine Hotel Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan ini menjadi salah satu sarana meningkatkan sinergi antar pemerintah daerah dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kopdar yang mempertemukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 27 bupati/wali kota se-Jawa Barat ini saling menyampaikan aspirasi dan sejumlah permasalahan maupun pembangunan yang terjadi di daerahnya, untuk bersama-sama memberikan penguatan koordinasi dan komunikasi yang baik.

“Kopdar yang menjadi ajang sinergitas antar bupati/ wali kota se-Jawa Barat mampu membahas berbagai permasalahan, baik yang sifatnya informasi, maupun pelaporan pembangunan daerah untuk dicarikan solusinya,“ ujar Dani Ramdan.

Dani pun turut mengapresiasi atas capaian-capaian yang telah diraih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di era kepemimpinan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, karena juga berhasil mendongkrak hasil kinerja dari pemerintah daerah di Jawa Barat.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Jawa Barat di sisa kepemimpinannya untuk terus membantu pemerintah daerah, dalam hal bantuan keuangan dan program, kemudian bisa duduk bersama membahas berbagai persoalan,” katanya.

Implementasi tersebut dituangkan pula dalam Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2023-2025, yang dilakukan oleh 27 bupati/wali kota se-Jawa Barat.

Dani menuturkan dalam kesepakatan ini disebutkan adanya pembaharuan MoU yang sejak 2019 sudah ditandatangani sehingga memberikan payung hukum terhadap seluruh kegiatan kerja sama antar kabupaten dengan provinsi, dan kerja sama antar masing-masing kabupaten.

Dampak positif dari kesepakatan kerja sama untuk pemerintah daerah termasuk Pemerintah Kabupaten Bekasi, diantaranya bisa mendapatkan hibah untuk pemanfaatan lahan, program merit sistem, dan fasilitas kendaraan untuk program pembangunan.

“Penandatanganan itu pertama untuk memperbaharui MoU 2019, sehingga menjadi payung hukum untuk semua kegiatan kerja sama. Dampak positifnya di Kabupaten Bekasi, kita bisa mendapatkan hibah, kendaraan, kemudian program pendampingan merit sistem,” imbuhnya.

Sementara itu, menghadapi sisa masa jabatan Kang Emil sapaan akrab dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengucapkan terima kasih atas program-program yang sudah dilakukan pemerintah daerah sesuai arahan yang disampaikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga banyak raihan prestasi yang didapat.

Di sisi lain, ia juga memerintahkan kepala daerah se-Jawa Barat untuk mengecek kondisi jalan di daerahnya yang mengalami kerusakan. Setelah itu, kepala daerah diminta untuk menginventarisir kerusakan kemudian melakukan perbaikan demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di setiap daerah.

“Saya perintahkan kepala daerah harus ikut terjun langsung mengecek kondisi infrastruktur jalan untuk dilakukan perbaikan, jadi silakan anggarannya dialihkan untuk perbaikan jalan desa agar tidak ada lagi yang kondisinya rusak dan tidak nyaman dilalui.” kata Kang Emil. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin