Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Tampilkan Budaya Nusantara

MERIAH : Sejumlah peserta meramaikan acara Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Minggu (20/8). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Akhir pekan kemarin area Car Free Day (CFD) lebih meriah dari biasanya. Ada berbagai penampilan budaya Nusantara, Marching Band, kirab bendera merah putih, hingga pawai mobil hias bertema menarik, ribuan orang mengenakan baju adat berbagai daerah. Puncak perayaan HUT Ke-78 RI di Kota Bekasi jadi yang paling bagus.

Kegiatan bertajuk Karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 kemarin diawali dengan arak-arakan, Plt Wali Kota Bekasi beserta istri diarak menggunakan kereta kencana khas Solo. Pawai digelar mulai dari RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, berakhir di Taman Hutan Kota Patriot.

Ada ribuan orang yang terlibat menampilkan berbagai kebudayaan Nusantara. Penampilannya puluhan kebudayaan ini disebut menggambarkan keberagaman dan harmonisasi di Kota Bekasi.

“Selain sebagai upaya melestarikan budaya Nusantara, karnaval Pesona Nusantara Bekasi Keren 2023 juga hadir sebagai wujud kerukunan dan toleransi, serta multikulturalisme di Kota Bekasi yang mesti kita jaga dan junjung tinggi,” kata Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Minggu (20/8).

Total, ada 18 jenis penampilan dalam kegiatan tersebut, dibuka dengan Marching Band Tajimalela 202, disambut kirab bendera merah putih oleh unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

Setelah itu, rentetan penampilan dilanjutkan dengan penampilan budaya Nusantara. Total ada 12 tarian khas Nusantara ditampilkan oleh seluruh sanggar kesenian di Kota Bekasi, salah satunya tari ronggeng beken yang ditampilkan oleh tiga ribu siswi se Kota Bekasi.

Atraksi lain yang mewarnai acara ini diantaranya adalah atraksi lompat batu khas kepulauan Nias, atraksi Polisi Cilik (Pocil), hingga parade pakaian daur ulang berbahan dasar sampah.

Tidak kalau menarik, rangkaian acara yang juga menarik perhatian masyarakat adalah pawai mobil hias. Mobil-mobil tersebut nampak didesain dengan tema menarik, menempatkan unsur lingkungan, Indonesia, hingga Bekasi.

Keharmonisan dalam bermasyarakat kata Tri, akan menguat masyarakat hidup berdampingan tanpa perselisihan.”Agar bersama senantiasa hidup di dalam sebuah keharmonisan tanpa ada perselisihan, karena kita semua warga negara Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu,” tambahnya.

Karnaval puncak perayaan HUT Ke-78 RI kemarin juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia menyebut bahwa perayaan HUT Ke-78 RI di Kota Bekasi bertemakan budaya ini menjadi yang terbagus.

“Dari seluruh daerah yang saya pantau, saya ucapkan selamat kepada Kota Bekasi, perayaan kemerdekaan dengan tema budayanya paling keren, paling bagus,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ridwan Kamil juga menyampaikan pelantikan Tri Adhianto sebagai wali kota definitif sisa masa jabatan 2018-2023, pelantikan akan dilaksanakan di gedung sate, Senin (21/8). (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin