Berita Bekasi Nomor Satu

UNKRIS – Kementerian ATR Siap Gelar Webinar Series Pemanfaatan Ruang Sempadan SDEW dan Pesisir

BERI KETERANGAN: Ketua LPM sekaligus Ketua SC Webinar Series, Susetya Herawati (kanan); bersama Kepala Unit Pengmas UNKRIS sekaligus Wakil Ketua SC Webinar Series, Sutaryo (kiri); dan Kaprodi Perencanaan Wilayah Kota sekaligus Sekretaris SC Webinar Series, Reny Savitri, (dua dari kiri) saat memberikan keterangan tentang webinar series, Senin (21/8). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) siap menyelenggarakan webinar series bertema “Penyelamatan Pemanfaatan Ruang Sempadan Situ, Danau, Embung, Waduk (SDEW) dan Kawasan Pesisir”. Webinar ini bertujuan untuk membahas tantangan dalam pemanfaatan ruang di kawasan sekitar SDEW dan pesisir, serta upaya-upaya penyelamatan yang perlu dilakukan.

Pemanfaatan ruang yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang di kawasan SDEW dan pesisir saat ini menjadi isu yang perlu ditangani. Dampak buruk terhadap lingkungan seperti okupasi badan air, penurunan kualitas air, dan masalah lingkungan lainnya menjadi perhatian serius. Presiden telah mengeluarkan Perpres nomor 60 tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional untuk mengatasi masalah ini dengan menetapkan 15 danau prioritas nasional sebagai bagian dari upaya penyelamatan SDEW.

Namun, pelanggaran pemanfaatan ruang di sekitar SDEW dan pesisir masih banyak terjadi. Beberapa faktor pemicu meliputi kebijakan pengembangan wilayah dan kawasan, mekanisme pasar terhadap kebutuhan ruang, kurangnya mekanisme pengendalian, pengawasan yang lemah, dan penegakan hukum yang masih belum optimal di bidang penataan ruang.

Dalam upaya memberikan sumbangan pemikiran untuk mengatasi persoalan tersebut, UNKRIS akan menyelenggarakan webinar series yang terdiri dari empat seri.

Ketua LPM UNKRIS, Susetya Herawati, menjelaskan bahwa setiap seri akan melibatkan empat fakultas dan terbuka bagi akademisi, praktisi, pemerintah, dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.

“Kami sudah menyiapkan pembicara-pembicara yang sangat kompeten dalam hal tata ruang dan penyelamatan SDEW pada setiap seri. Mengingat ini merupakan isu nasional yang sangat menarik, kami berharap para akademisi, Pemda, maupun praktisi untuk ambil bagian dalam webinar ini,” ujar Susetya yang juga Ketua Steering Committee (SC) Webinar Series, didampingi oleh Kaprodi Perencanaan Wilayah Kota, Reny Savitri, sekaligus Sekretaris SC Webinar Series, Senin (21/8).

BACA JUGA: Lulusan UNKRIS Diminta Tetap jadi Manusia Pembelajar

Sebinar series I yang dimotori oleh Fakultas Teknik Unkris akan digelar pada 26 Agustus 2023. Mengangkat subtema “Pengendalian Pemanfaatan Ruang yang Berkeadilan dalam Penyelamatan SDEW dan Kawasan Pesisir”, webinar ini akan menampilkan pembicara Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Kemen ATR/BPN, Agus Sutanto; Akademisi Hukum UNPAD Bandung Maret Priyanta; Kepala Bidang Pemanfaatan Ruang Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, Merry Morfosa; dengan moderator Sekprodi Teknik PWK FT UNKRIS, Toni Rusmarsidik.

Selanjutnya, webinar series II dimotori oleh Fakultas Hukum UNKRIS akan digelar pada 2 September 2023 dengan  subtema “Penegakan Hukum Tata Ruang Kawasan Sempadan SDEW dan Kawasan Pesisir”. Pada seri ini akan tampil pembicara Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum dan Penyelesaian Sengketa Penataan Ruang Wilayah III Direktorat Penertiban ATR/BPN, Mochammad Darmun; Kasubbag Minssidik Bagwassidik Rokorwas PPNS Pembicara 2 AKBP Bayu Nusantara; Dekan Fakultas Hukum UNKRIS, Abdul Latif, dengan moderator Sekprodi Teknik PWK FT UNKRIS, Toni Rusmarsidik.

Kemudian webinar series III yang dimotori oleh Fakultas Ilmu Administrasi akan digelar pada 23 September 2023. Mengangkat subtema “Kolaborasi Antar Pemangku Kepentingan dalam Penyelamatan SDEW dan Kawasan Pesisir”, seri ini akan menghadirkan pembicara Plh Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Gunawan, Eko Moviantao; Ketua PMO Jabodetabekpunjur Kementerian ATR/BPN, Wisnubroto Sarosa; Dosen FIA UNKRIS, Budi Supriyatno, dengan moderator Sekprodi Teknik UNKRIS, Toni Rusmarsidik.

Sementara dalam webinar series IV akan dimotori oleh Fakultas Ekonomi pada 7 Oktober 2023 mengangkat subtema “Pengembangan Potensi Ekonomi SDEW dan Kawasan Pesisir Berbasis Masyarakat”. Tampil sebagai pembicara perwakilan Dirjen Sumber Daya Air, Kemen PUPR,  Dekan FE UNKRIS dan pakar SDEW.

Kepala Unit Pengmas UNKRIS sekaligus Wakil Ketua Steering Committee (SC), Sutaryo, mengatakan webinar series ini akan digelar secara daring dengan kapasitas 1.500 peserta per series.

“Kegiatan akan berlangsung secara daring dan hasil dari webinar akan dirangkum dalam satu paper untuk dijadikan bahan masukan bagi pemerintah dalam upaya penyelamatan Kawasan SDEW dan Kawasan Pesisir,” pungkasnya. (dew/pms)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin