Berita Bekasi Nomor Satu

Taklukkan Tukmenistan 2-0 di Kualifikasi Final Piala Asia, Indonesia: Qatar Kami Datang!

Seorang supporter Indonesia membawa poster penyemangat bertuliskan: ''Piala Asia Kami Datang". (HARITSAH ALMUDATSIR)

RADARBEKASI.ID, SOLO – Nama Shin Tae-yong (STY) terukir dalam sejarah sepak bola Indonesia. Dia menjadi pelatih pertama yang sukses mengantarkan tiga kategori tim nasional Indonesia ke putaran final Piala Asia.

Yang pertama adalah saat STY membawa timnas senior melangkah ke putaran final Piala Asia 2023 Qatar. Tiket ke putaran final dipersembahkan pada Juni 2022.

Ketika itu, STY membawa timnas senior lolos ke Qatar dengan status runner-up grup A di bawah Jordania dengan torehan enam poin. Yakni, hasil dari kemenangan atas Kuwait dan Nepal serta kalah oleh Jordania.

BACA JUGA: Horeee, Indonesia Kontestan Piala Asia 2024 Qatar, Lihat Jadwal Drawingnya

Setelah timnas senior, tangan dingin pelatih asal Korea Selatan itu berlanjut ke timnas U-20. STY meloloskan timnas U-20 ke putaran final Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan setelah menjuarai grup F. Hasil itu diraih setelah Indonesia mengalahkan Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste.

Setelah timnas senior dan U-20, kali ini pelatih 53 tahun itu giliran mengantarkan timnas U-23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar. Tiket ke putaran final didapat tadi malam setelah Indonesia mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, lewat gol Ivar Jenner (40’) dan Pratama Arhan (90+3’). Kemenangan itu membuat Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 sebagai juara grup K.

”Performa tim di pertandingan ini sangat baik. Saya mengucapkan terima kasih kepada para pemain,” ujar pelatih timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 Rusia itu setelah pertandingan.

BACA JUGA: 2 Skenario Timnas Agar Lolos Perempat Final Piala Asia U-20 2023

STY menilai kemenangan atas Turkmenistan diraih dengan susah payah. Sebab, mereka memiliki pertahanan yang sangat rapat. ”Memang ada beberapa peluang yang tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Tapi, secara umum pertandingan berjalan dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Ivar Jenner tidak dapat menutupi kegembiraan atas gol perdananya untuk Indonesia. Gol itu menjadi pembuka jalan lolosnya Indonesia ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar. ”Gol ini saya persembahkan untuk tim, pelatih, dan Negara Indonesia,” ucap pemain naturalisasi asal Belanda itu.

Ivar senang bisa menuntaskan pertandingan tadi malam dengan kemenangan. Menurut Ivar, Turkmenistan adalah lawan yang sangat tangguh. ”Turkmenistan lebih kuat dari Taiwan. Karena itu, hasil ini membuat kami semua senang. Kami siap menatap putaran final Piala Asia U-23 tahun depan,” tegasnya. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin