Berita Bekasi Nomor Satu

Orangtua dan Sekolah Perlu Pemahaman Tupoksi FKKS Tingkat Kecamatan

TERIMA LAPORAN: Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Alie Fauzi, menerima laporan hasil pemilihan pengurus FKKS Kecamatan Bekasi Utara, belum lama ini. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) SD dan SMP tingkat kecamatan disambut baik oleh Kepala SDN Jatiluhur I, Agam Baharudin. Ia berujar, pembentukan FKKS SD dan SMP ini merupakan langkah yang cukup baik.

Namun, Agam menekankan pentingnya memastikan bahwa tugas pokok dan fungsi (tupoksi) FKKS tingkat kecamatan tidak hanya dipahami oleh komite sekolah.

“Komite yang ada saat ini dibentuk dari para orangtua siswa dan SK-nya ditandatangani oleh kepala sekolah. Jadi pemahaman mengenai pembentukan FKKS ini memang masih diperlukan oleh orangtua maupun sekolah,” jelasnya kepada Radar Bekasi, Senin (18/9).

Agam mengingatkan bahwa pemahaman yang jelas mengenai tupoksi FKKS tingkat kecamatan sangat diperlukan oleh orangtua dan sekolah. “Butuh penjelasan yang lebih jelas bagaimana tupoksi dari FKKS ini agar setelah dibentuk nanti kami sudah mengerti tugas dan tanggung jawabnya,” katanya.

BACA JUGA: Forum Komunikasi Komite Sekolah Tingkat Kecamatan Sangat Diperlukan

Sementara, Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Alie Fauzi, menyampaikan belum lama ini pihaknya telah menyetujui pembentukan pengurus FKKS Kecamatan Bekasi Utara.

“Minggu kemarin kami sudah selesai membentuk FKPP di wilayah Kecamatan Bekasi Utara. Lebih lanjutnya kami akan lakukan audiensi kepada sejumlah kecamatan yang ada,” ujar Alie.

FKSS tingkat kecamatan terdiri dari enam orang. Strukturnya terdiri dari seorang ketua dan sekretaris, serta empat orang anggota. Ketua forum komunikasi dapat berasal dari tingkat SMP atau SD.

Sedangkan, empat anggota lainnya dipilih dengan mempertimbangkan rata-rata jumlah kelurahan di kecamatan yang mencapai empat. Oleh karena itu, setiap kelurahan dapat diwakili oleh satu anggota dalam forum komunikasi ini dengan pembinanya camat di wilayah masing-masing.

FKKS tingkat kecamatan ini akan menerima Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pendidikan Kota Bekasi. Alie menegaskan, audiensi yang dilakukan terkait tupoksi FKKS. Targetnya, FKSS tingkat kecamatan dapat dikukuhkan paling cepat awal Oktober.

“Intinya kami saat ini sedang mengejar terkait audiensi dan pembinaan pada pengurus yang memang terpilih,” terangnya. (dew)

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin