Berita Bekasi Nomor Satu

“Rusuh” di Alun-alun Hasibuan Kota Bekasi, Bentrok Polisi vs Warga Ini Penyebabnya

Simulasi pengamanan Pemilu 2024 saat rusuh bentrok polisi vs warga di Alun-alun Hasibuan, Kota Bekasi, Kamis (12/10/2023). Foto Ahmad Pairudz/Radarbekasi.id.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – “Rusuh” terjadi di Alun-alun Hasibuan Kota Bekasi, bentrok warga versus polisi tak terhindarkan, Kamis (12/10/2023).

Ratusan massa warga masyarakat Kota Bekasi melakukan protes dan terlibat bentrokan dengan aparat kepolisan di Alun-alun Kota Bekasi, Jalan Veteran, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Namun, protes yang dilakukan warga masyarakat mendapatkan tindakan tegas dari anggota Polres Metro Bekasi Kota. Kepolisian berhasil mengamankan oknum yang diduga menjadi provokator.

BACA JUGA: Ormas Ini Buka Suara Terkait Anggotanya Tewas Dalam Bentrok 3 Ormas di Jalan Raya Setu-Bantargebang

Petugas Dalmas yang menggunakan tameng dan water cannon juga dikerahkan untuk mengurai aksi massa yang mulai anarkis.

Tapi, semua itu hanya simulasi penanganan pengamanan Pemilu 2024 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan oleh jajaran Polres Metro Bekasi Kota dengan menggelar operasi Mantap Brata.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani menjelaskan Operasi Mantap Brata Jaya 2023 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi segala kemungkinan dalam pelaksanaan Pemilu nanti.

BACA JUGA: Polres Metro Bekasi Periksa 5 Karyawan Minimarket Jalan Perjuangan, Pelaku Perampokan Masih Diburu

“Siang ini kami dari Polres Metro Bekasi Kota melaksanakan latihan Sispam Kota. Karena ini merupakan bagian dari persiapan pengamanan Operasi Mantap Brata jaya 2023,” kata Dani kepada awak media.

Selain itu, Operasi Mantap Brata Jaya atau Pengaman Pemilu di 2024 ini akan dilaksanakan mulai 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 mendatang.

Jadi sepanjang 222 hari pelaksanaan Operasi Mantap Brata, Operasi Pengamanan Pemilu 2024 nanti, mulai dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Legislatif, baik daerah maupun pusat.

BACA JUGA: Jusuf Kalla: Pemilu 2024 Paling Rumit, Ada Fenomena Penjara

Latihan pengamanan, sambung Kapolres, bukan hanya dilakukan di jajaran Polres Metro Bekasi Kota. Namun, juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Seluruh latihan pengamanan di fokuskan kepada langkah-langkah antisipasi dalam pengamanan proses tahapan pemilu. Pendaftaran calon presiden dan wakil presiden pada bulan Oktober, serta masa kampanye pada 8 November 2023 hingga 12 Februari 2024, masa tenang hingga 14 Februari 2024 mendatang,” jelasnya.

Sementara, untuk tingkat kerawanan, Polres Metro Bekasi Kota telah melakukan mapping wilayah. Titik-titik yang dianggap rawan akan menjadi prioritas pengamanan atau titik fokus.

“Kita sudah dilakukan mapping kerawanan dari tujuh ribu TPS yang ada. Kita kategorikan ada TPS yang rawan dan ada yang tidak rawan,” terangnya.

Dari 5 Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Bekasi, imbuh Kapolres, ada beberapa yang menjadi perhatian. “Tidak spesifik bahwa misalkan Dapil 1 contoh yang di Bekasi Utara dan Medansatria,” jelasnya.

Sehingga plotting personil pun juga akan disesuaikan. “Kalau misalkan yang rawan itu ada dua anggota kepolisian. Kemudian di 12 TPS ada 24 anggota linmas yang melakukan pengamanan di TPS tersebut,” beber Kapolres.

Kapolres merinci, jumlah personil yang nantinya akan terlibat pada pengamanan adalah dua per tiga jumlah anggota polres yang ada sekitar 950 personil. Jumlah akan ditambah dengan BKO atau keterlibatan unsur lain.

Kemudian, dengan tujuh ribu sekian TPS yang ada, masih ada BKO dari Polda untuk melakukan pengamanan-pengamanan di TPS yang ada.

Dalam latihan itu, semua diperagakan segala kemungkinan diantaranya proses unjuk rasa atas hasil pemilu serta penanganan mengatasi permasalahan lain di lapangan.

“Disimulasikan juga ketika anggota Polri menemukan spanduk-spanduk partai maupun calon masih terpasang pada masa tenang. Sehingga melaporkan temuan kepada Panwaslu untuk dilakukan pencopotan. Sedangkan pihak kepolisian mengamati dan melakukan pengamanan berjalannya Pemilu,” tandasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin