Berita Bekasi Nomor Satu

Bappeda Kabupaten Bekasi Fasilitasi Bangun Ruang Kelas melalui CSR

PERESMIAN: Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Imam Faturahman bertepuk tangan usai meresmikan ruang kelas baru di SDN Sukarapih 03 Tambelang Kabupaten Bekasi, Kamis (9/11). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi memfasilitasi pembangunan ruang kelas SDN 03 Sukarapih melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari salahsatu perusahaan di Kabupaten Bekasi.

Tiga ruang kelas yang dibangun di sekolah tersebut dirancang dengan konsep green building. Pada atap gedung, terdapat solar panel yang berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga surya.

Selain itu, untuk meningkatkan estetika dan kenyamanan para siswa, ruang kelas didesain dengan kaca besar yang dipadukan dengan lubang-lubang sirkulasi udara. Hal ini bertujuan agar ruangan terasa sejuk selama proses belajar mengajar.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, menuturkan pembangunan infrastruktur memerlukan partisipasi dari perusahaan. Sebab apabila dengan kemampuan keuangan daerah tidak akan cukup.

“Ini contoh bagaimana Eco School atau Green School yang berwawasan lingkungan. Penggunaan listriknya hemat, penerangan yang alami tidak menggunakan AC tapi sejuk. Tentu belum semua sekolah bisa seperti ini. Kami kira bagi jajaran Dinas Pendidikan bisa jadi inspirasi. Jadi sekolah, kelas bukan hanya bagus tapi dari sisi lingkungan bisa ditata dengan baik,” kata Dani.

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Entah Iswanto, menyampaikan bahwa pihaknya terus mengajak perusahaan-perusahaan untuk berpartisipasi dalam alokasi dana melalui program CSR. Saat ini, sudah terdata sebanyak 230 perusahaan yang turut membantu pemerintah daerah.

“Ini baru salah satu perusahaan yang membantu melalui pembangunan sekolah. Ada juga yang memberikan mobil untuk pelatihan, serta ada juga yang membangun sejumlah infrastruktur,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Imam Faturahman, mengungkapkan konsep sekolah negeri berbasis lingkungan ini baru pertama di Kabupaten Bekasi. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih yang besar atas dukungan CSR perusahaan yang sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Bekasi.

“Ini merupakan CSR pertama di Kabupaten Bekasi konsep sekolah Green Building. Mudah-mudahan tidak sampai di sini saja tapi di tempat lain di sisi utara masih banyak sekolah yang membutuhkan teman-teman pengusaha. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas bantuannya,” katanya. (and/adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin