Berita Bekasi Nomor Satu

Festival Nusantara SMP Al Muslim 2023 Berlangsung Meriah dan Unik

Siswa unjuk kebolehan dalam menari saat FeNus SMP Al Muslim 2023, Selasa (14/11/2023). FOTO: AL MUSLIMA

RADARBEKAS.ID, BEKASI – Festival Nusantara (FeNus) SMP Al Muslim 2023 sukses digelar, Selasa (14/11/2023). Kegiatan rutin tahunan ini berlangsung meriah dan unik. Kemeriahan terlihat dalam partisipasi ratusan peserta yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan keunikan acara ini terlihat dari adanya bazar makanan Nusantara dan penampilan fashion show yang menggunakan bahan dasar daur ulang, seperti plastik dan kertas.

Selain itu, festival juga menyajikan berbagai suvenir kreatif dari bahan daur ulang. Beragam atraksi budaya dan hiburan turut ditampilkan dalam kegiatan yang digelar di Lapangan Al Muslim, Tambun Selatan tersebut.

“Ini kegiatan rutin tahunan kami di SMP dan yang menjadi peserta adalah anak-anak kelas 7 sampai 9,” jelas Ketua Panitia FeNus, Ipu Puspita Dewi, dalam keterangan resminya.

Menurut Ipu, FeNus bertujuan mengenalkan budaya Nusantara kepada peserta didik. Hal tersebut sangat penting mengingat tantangan Era Digital yang kini sulit dibendung.

“FeNus dimaksudkan agar anak-anak mengenal dan tidak lupa dengan adat dan budaya Nusantara yang indah dan beragam. Ini sangat penting karena di Era Digital ini informasi dari berbagai penjuru dunia sulit dibendung dan bisa memengaruhi anak-anak,” papar Ipu, yang merupakan Guru IPA tersebut.

Lebih lanjut, Ipu menyebut bahwa FeNus merupakan proyek kolaborasi dari beberapa mata pelajaran, seperti Green Education, IPS, SBK, Leadership, Prakarya, Bahasa Indonesia, dan TIK.

Sementara, Kepala SMP Al Muslim, Tri Retnosari, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan FeNus.

“Saya sebagai kepala sekolah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya event ini. Kegiatan semacam ini berdampak sangat positif bagi lembaga dan anak-anak,” ujarnya. (oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin