Berita Bekasi Nomor Satu

Pentas Ekskul SDIT Nurul Fajri  

Oleh: Susiyanti, S.Pd.

Guru SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat

        

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan siswa yang dilakukan diluar jam pelajaran dengan bertujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan, serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Pentas ekskul bertujuan untuk mengembangkan kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab serta memberikan kesempatan kepada peserta didik memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir melalui pengembangan kapasitas siswa.

Pentas ekskul ini diikuti oleh siswa peserta ekskul dari berbagai bidang yang terdiri dari ekskul marching band, menari, menggambar, qiro’ah, komputer, teknologi sederhana, sains, Bahasa Inggris, Pramuka, dan Dokcil  (Dokter Kecil). Ekskul ini diikuti oleh siswa kelas 4 sampai kelas 6 SDIT Nurul Fajri sesuai dengan ekskul pilihan siswa. Ekskul ini dilaksanakan setiap hari kamis pada jam terakhir.

Setiap ekskul dibimbing oleh 2 guru yang berkompeten di dalam bidangnya.  Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pentas ini dimulai dari persiapan sampai berlangsungnya acara. Seluruh siswa mempersiapkan dengan baik dan terlihat ingin menunjukan penampilan terbaiknya.

Peserta didik tampak sangat percaya diri karena yakin sudah mempersiapkan dengan baik, hal ini terlihat dari wajah siswa yang sangat ceria dari mulai persiapan hingga penampilan.

Pembimbing dari masing-masing ekskul dengan penuh semangat telah melatih dan memberikan materi. Peserta ekskul dari masing-masing bidang tampil secara bergantian, peserta yang lain menyaksikan dengan seksama, mereka berusaha menampilkan yang terbaik.

Salah satu prinsip kegiatan ekstrakurikuler adalah keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekskul yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.

Dengan demikian semakin sering siswa terlibat dalam kegiatan ekskul maka semakin menguasai ekskul yang mereka ambil, seperti siswa yang mengikuti ekskul marching band, menari dan menggambar maka lahirlah siswa tersebut di bidang seni dan musik, kemudian siswa yang mengikuti ekskul qiro’ah diharapkan semakin baik pula tingkat religiusitas siswa.

Manfaat diadakannya pentas ekskul ini adalah  sebagai media untuk menyalurkan bakat dan minat siswa, kemudian juga sebagai salah satu upaya untuk membangun karakter positif siswa sesuai dengan minat dan bakat, membuat siswa menjadi lebih aktif sehingga tidak minder jika tampil didepan, mendidik siswa agar dapat bersosialisasi dan dapat bekerja sama dengan baik, menyehatkan tubuh siswa karena siswa aktif dalam beraktivitas, dan yang terpenting sebagai media bagi siswa untuk dapat menyalurkan kreativitas diri mereka masing masing sejak dini.

Tujuan utama diadakan kegiatan pentas ekskul menjadikan siswa terbiasa percaya diri ketika tampil di depan umum. Hal tersebut diharapkan dapat:

1. Meningkatkan keterampilan komunikasi: Percaya diri membantu siswa menyampaikan ide dengan jelas dan efektif, meningkatkan keterampilan komunikasi verbal dan non verbal.

2. Pengembangan diri: Percaya diri menghadapi ketakutan berbicara di depan umum, membantu siswa mengatasi rasa gugup, mengembangkan kepribadian, dan memahami diri sendiri lebih baik.

3. Kemampuan memimpin: Percaya diri membangun dasar bagi pengembangan kemampuan kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks kehidupan.

Dengan demikian, percaya diri di atas panggung bukan hanya tentang tampilan fisik, tetapi juga tentang pengembangan keterampilan yang membawa dampak positif dalam pengembangan pribadi dan profesional siswa. (*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin