Berita Bekasi Nomor Satu

Emak-emak di Bekasi Banyak yang Belum Paham Cara Nyoblos saat Pemilu, KPU ke Mana?

Tim relawan Radar Bekasi memberikan penjelasan soal mencoblos suara suara di Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi, Selasa (12/12/2023). FOTO: TIM RELAWAN 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penyelenggara Pemilu, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kota maupun Kabupaten Bekasi, mesti lebih giat lagi dalam melaksanakan sosialisasi Pemilu. Pasalnya, banyak warga Bekasi khususnya emak-emak yang belum paham cara menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024 nanti.

Fakta ini ditemukan ketika puluhan relawan melakukan simulasi dan sosialisasi Pemilu 2024, Selasa (12/12/2023). Banyak warga yang belum tahu bagaimana caranya mencoblos surat suara atau menggunakan hak suaranya.

“Umumnya ibu-ibu yang gak tahu cara nyoblos,” kata salah satu relawan yang bertugas di Kecamatan Pondok Gede, Ayu Rahayu.

Ketika menghadapi kondisi tersebut, para relawan akhirnya menjelaskan cara mencoblos surat suara. Mulai dari membuka, melihat nama Caleg, melihat nama partai dan melipat kembali.

“Iya kita ajarkan cara mereka mencoblos. Karena mereka sama sekali gak tahu,” imbuhnya.

BACA JUGA: Radar Bekasi Simulasi Coblosan Pemilu 2024, Begini Respons Warga Bekasi

Selain ibu-ibu, para pemilih pemula pun mengaku belum pernah mendapatkan sosialisasi baik dari pemerintah maupun penyelenggara Pemilu.

“Ini menjadi perhatian semua, khususnya pemerintah dan penyelenggara pemilu. Ternyata masih banyak warga yang belum tahu cara mencoblos. Jangan sampai, karena minim sosialisasi, warga tidak mau menggunakan hak suaranya,” tandasnya.

Sekedar diketahui, simulasi dan sosialisasi Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Radar Bogor Group serentak di 24 Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini, dilakukan sehari penuh. Di Bekasi, simulasi dan sosialisasi menyasar 6.000 pemilih dengan melibatkan 72 relawan. (mif)

BACA JUGA: Simulasi Pemilu, Radar Bekasi Sasar 6.000 Pemilih

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin